Pengaruh Metode Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Muatan IPA Pada Siswa Kelas IV SDN 021 Paser Belengkong
Abstract
ABSTRAK
Nuroh Hidayati, 2023 “Pengaruh Metode Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Muatan IPA Pada Siswa Kelas IV SDN 021 Paser Belengkong”, skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Marniati Kadir, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Ibu Lely Salmitha, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pada proses pembelajaran muatan IPA materi bagian tumbuhan dan fungsinya, metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode yang kurang bervariasi sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dan cenderung pasif, hanya terdapat beberapa siswa yang merespon pada saat proses kegiatan pembelajaran berlangsung, dan siswa juga tidak begitu mendalami materi pelajaran secara mandiri sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan bahwa hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 021 Paser Belengkong berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Salah satu metode yang bisa digunakan yaitu menerapkan metode outdoor study yang berkaitan pada materi pembelajaran dengan mengajak siswa belajar di luar kelas untuk mengakrabkan siswa dengan lingkungannya. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh metode outdoor study terhadap hasil belajar muatan IPA pada siswa kelas IV SDN 021 Paser Belengkong.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan metode eksperimen dengan jenis pre eksperimental design, desain penelitian yang digunakan ialah one group pretest posttest design, lokasi penelitian berada di SDN 021 Paser Belengkong. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini ialah kelas IV yang terdiri 31 siswa, penelitian ini hanya menggunkaan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada tiga yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengujian uji instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, taraf kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil yang diperoleh berdasarkan tes hasil belajar siswa pada muatan IPA materi bagian tumbuhan dan fungsinya pada siswa kelas IV SDN 021 Paser Belengkong adalah dengan melihat hasil rata-rata pretest dan posttest dengan perolehan nilai pada kelas eksperimen yaitu kelas IV, dengan nilai rata-rata pretest sebesar 50,22 dan nilai rata-rata posttest sebesar 81,03. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat dinyatakan bahwa penggunaan metode outdoor study terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar muatan Ilmu Pengetahuan Alam materi bagian tumbuhan dan fungsinya pada siswa SDN 021 Paser Belengkong.