Show simple item record

dc.contributor.authorRakhman, Rizqa
dc.date.accessioned2024-03-06T07:32:23Z
dc.date.available2024-03-06T07:32:23Z
dc.date.issued2023-10-10
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4135
dc.description.abstractABSTRAK Rizqa Rakhman 2023, ”Efektivitas Media Pembelajaran Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas II Al-Azhar 47 Samarinda”skripsi, Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Juhairiah, M.Pd. selaku dosen pembimbing I dan Ibu Nur Amalia Nur Aini, M.Pd. selaku dosen pembimbing II. Yang melatarbelakangi penelitian ini ialah penggunaan media pembelajaran yang mana di jaman sekarang sudah beralih ke teknologi canggih, khususnya pada pembelajaran di jenjang SD guru memakai media pembelajaran seperti power point ataupun video pembelajaran yang diputar melalui youtube, walaupun demikian media pembelajaran lainnya tidak boleh diabaikan karena masih dapat digunakan untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik, seperti media corong berhitung dimana media ini digunakan khususnya pada pembelajaran berhitung, dengan diterapkan media ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman peserta didik yang akan berpengaruh kepada hasil belajar yang baik. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran corong berhitung terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas II SDI Al-Azhar 47 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode quasi eksperimental design. Populasi yang digunakan ialah seluruh peserta didik kelas II SDI Al-Azhar 47 Samarinda yang terdiri dari 4 kelas dan berjumlah 110 peserta didik, dan sampel yang digunakan ialah kelas II A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 peserta didik dan II B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik pengujian instrumen mnggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran matematika didapatkan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen maka diperoleh hasil belajar , peserta didik yaitu pada kelas kontrol perolehan hasil belajar, peserta didik secara deskriptif diperoleh ratarata 8.39 tahap pretest dan 8.71 tahap post test. Sedangkan untuk kelas eksperimen diperoleh rata-rata 8.00 pada tahap pretest dan 12.25 pada tahap post testt., hasil uji hipotesis diperoleh untuk taraf signifikan ( 𝛼 ) =0.000 < 0,05, maka H0 diterima pada pengujian. Berdasarakan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat dinyatakan bahwa terdapat media pembelajaran corong berhitung efektif terhadap hasil belajar kelas II di SDI Al-Azhar 47 Samarinda.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectEfektivitas, Media Pembelajaran, Corong Berhitung, Hasil Belajar Matematikaen_US
dc.titleEfektivitas Media Pembelajaran Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas II Al-Azhar 47 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record