Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Ash Shobirin Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Hairunnisa, 2023 “Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Ash Shobirin Samarinda”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, penelitian ini dibimbing oleh Marniati Kadir, M.Pd, sebagai Pembimbing I dan Muhamad Agil, S.Si, M.Sc sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil belajar IPA siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ash Shobirin Samarinda yang masih rendah terlihat dari nilai rata-rata belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi dalam menyampaikan materi dan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan. Sehingga penting bagi guru untuk menarik perhatian siswa dan menumbuhkan rasa ingin tahu saat proses pembelajaran supaya hasil belajar siswa bisa meningkat salah satunya menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan cara mencocokkan kartu pertanyaan dan kartu jawaban. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar IPA kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ash Shobirin Samarinda.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasy Experiment Desain. Desain ini menggunakan Nonequivalent Control Design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ash Shobirin Samarinda sebanyak 55 orang dengan mengambil sampel pada kelas IV A sebanyak 28 siswa dan kelasIV B sebanyak 28.Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Objek penelitian ini yaitu hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match, Adapun teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, dan ujihipotesis menggunakan uji Independent Sample T-test.
Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakan uji Independen Sample T-test adalah uji yang memakai dua sampel berbeda. Adapun kriteria pengambilan keputusannya adalah jika t hitung < t table maka pengujian berhasil. Hasil dari uji hipotesis adalah 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil perhitungan N-Gain kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match yaitu 0,41 dan hasil dari N-Gain kelas control menggunakan metode ceramah yaitu 0,19. Adapun signifikan 0,676 > 0,05, maka dikatakan homogeny. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Make A Match efektif terhadap hasil belajar IPA kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ash Shobirin.