Show simple item record

dc.contributor.authorRosanti, Putri Neni
dc.date.accessioned2024-03-18T02:44:46Z
dc.date.available2024-03-18T02:44:46Z
dc.date.issued2023-10-16
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4170
dc.description.abstractABSTRAK Putri Neni Rosanti, 2023. “Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda”. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Robingatin, M.Ag sebagai pembimbing I dan Ibu Nur Syamsi, M.Pd sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya mengetahui gaya belajar siswa sebab setiap siswa memiliki kecenderungan untuk mengelola informasi yang diberikan dengan cepat, mudah dipahami, akurat dan efektif secara maksimal pada saat pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dan menganalisis gaya belajar siswa berprestasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda. Penelitian yang digunakan dalam menyusun skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini terdiri dari sembilan orang siswa berprestasi akademik di kelas V yang diambil berdasarkan peringkat terbaik di kelasnya dan dinyatakan dalam bentuk nilai atau rapor. Sedangkan, sumber data sekunder dalam penelitian ini ialah satu orang guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kondensasi data, penyajian data, menggambarkan dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah siswa berprestasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda menunjukkan kombinasi karakteristik gaya belajar visual, auditori dan kinestetik dengan komposisi yang bebeda-beda sehingga menghasilkan kecenderungan gaya belajar yang berbeda pula. Kecenderungan gaya belajar merupakan karakteristik gaya belajar yang digunakan subjek pada saat proses belajar-mengajar berlangsung. Kesimpulannya dari sembilan orang siswa berprestasi terdapat dua kecenderungan gaya belajar yaitu empat orang siswa cenderung menggunakan gaya belajar visual dan lima orang siswa lainnya cenderung menggunakan gaya belajar auditori.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectAnalisis, Gaya Belajar, Siswa Berprestasien_US
dc.titleAnalisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record