Show simple item record

dc.contributor.authorFadilla Putri, Alma
dc.date.accessioned2024-03-20T01:51:21Z
dc.date.available2024-03-20T01:51:21Z
dc.date.issued2023-10-12
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4179
dc.description.abstractABSTRAK Alma Fadilla Putri, 2023. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan Media Monopoli terhadap Minat Belajar Tematik pada Siswa Kelas IV di MI Ar-Raudhah Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh ibu Marniati Kadir, M.Pd selaku dosen pembimbing I, dan ibu Nur Syamsi, M.Pd selaku dosen pembimbing II. Latar belakang penelitian ini yaitu berdasarkan hasil observasi di MI Ar-Raudhah dan analisis dokumen pada RPP Tematik kelas IV, ditemukan pada RPP tematik kelas IV, telah menggunakan beberapa model, seperti penggunaan metode permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah, hanya sajak etika di telaah ternyata sangat jarang ditemukan pembelajaran yang menggunakan metode permainan. Maka dari itu, peneliti menggunakan model pembelajaran TGT berbantuan media monopoli agar mampu menstimulus minat belajar dan kerja sama padasiswa, sehingga siswa dapat aktif ketika dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan model Team Games Tournament (TGT) berbantuan media monopoli terhadap minat belajar tematik pada siswa kelas IV di MI Ar-Raudhah Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk quasiexperimental (eksperimen semu). Subjek penelitian adalah kelas IV A dengan 27 siswa sebagai kelas eksperimen, dan IV B dengan 26 siswa sebagai kelas kontrol, maka jumlah keseluruhan subjek penelitian sebanyak 53 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah dokumentasi dan angket. Sebelum angket digunakan, dilakukan uji keabsahan data yaitu uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent samplet test. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran TGT berbantuan media monopoli terhadap minat belajar tematik pada siswa kelas IV di MI Ar-Raudhah Samarinda. Hal tersebut berdasarkan hasil uji independent sample t-tests dengan nilai signifikansi sebesar 0,031 < 0,05 dapat diambilkesimpulan Ha diterima yang dengan demikian model pembelajaran TGTberbantuan media monopoli berpengaruh terhadap minat belajar tematik pada siswa kelas IVdi MI Ar-Raudhah Samarinda.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Team Games Tournament (TGT), berbantuan Media, Monopoli, Minat BelajarTematiken_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Model PembelajaranTeam Games Tournament (TGT) berbantuan Media Monopoli terhadap Minat BelajarTematik pada Siswa Kelas IV di MI Ar-Raudhah Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record