View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Problematika Guru dalam Menerapkan PembelajaranDaring Saat pandemi Covid-19 di SD IT Subulussalam Samarinda

Thumbnail
View/Open
Siti Nurhayati pgmi.docx (17.18Kb)
Date
2022-07-11
Author
Nurhayati, Siti
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Siti Nurhayati,2021.“Problematika Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Saat pandemi Covid-19 di SD IT Subulussalam Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Khairul Saleh, M.Ag dan Siti Nasiah, M.Pd. Latar belakang penelitian ini dimulai dari masa pandemi Covid-19 yang menuntut pembelajaran dilaksanakan secara daring. Bagi guru, melaksanakan pembelajaran daring tidaklah mudah terutama dalam menyesuaikan diri dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk memberikan materi pelajaran serta memastikan siswa dapat memahami materi yang telah disampaikan. Banyak guru memiliki kendala dalam kegiatan pembelajaran daring tersebut. Masalah yang timbul membuat pembelajaran daring belum maksimal sehingga perlu dipelajari dan dicarikan upaya dalam mengatasi permasalahan sebagai perbaikan pelaksanaan pembelajaran khususnya pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika guru dalam menerapkan pembelajaran daring serta upaya apa yang dilakukan guru dalam mengatasi problematika dalam pembelajaran daring saat pandemic Covid-19 di Sekolah Dasar Islam Terpadu Subulussalam Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Tehnik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Pada proses pembelajaran daring, guru mengalami beberapa masalah diantaranya: pertama, masalah kemampuan/kompetensi guru. Kedua, masalah yang berasal dari siswa. Ketiga, masalah yang berasal dari orang tua siswa. (2) Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi permasalahan yang terjadi selama pembelajaran daring adalah pertama, memperbanyak melihat tutorial pembelajaran daring melalui youtube serta dukungan dan motivasi kepala sekolah dalam peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran daring. Kedua, memfasilitasi guru untuk menggunakan berbagai media zoom untuk pembelajaran agar siswa tidak bosan meskipun dengan keterbatasan, memberikan sosialisai tentang pembelajaran daring kepada siswa, serta pihak sekolah memberikan keleluasan waktu kepada siswa untuk mengumpulkan tugasnya bagi yang kesulitan dalam menggunakan gaway. Ketiga, memberikan pemahaman kepada orang tua pentingnya pendidikan untuk anaknya dan melakukan kerjasama untuk saling membantu dalam melakukan bimbingan terhadap anak.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4197
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah [273]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV