Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Keaktifan Belajar IPS pada Peserta Didik Kelas V MI DDI Tani Aman Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Indah Mulyana, 2023, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Keaktifan Belajar IPS pada Peserta Didik Kelas V MI DDI Tani Aman Samarinda”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Lina Revilla Malik, M.Si sebagai dosen pembimbing I dan Bapak Saipul Hadi, M.Pd.I sebagai dosen pembimbing II.
Latar belakang pada penelitian ini adalah dalam pembelajaran IPS peserta didik terlihat kurang aktif dalam pembelajaran, masih ditemukan peserta didik yang mengobrol dan asyik sendiri, kurang merespon terhadap materi yang diajarkan, dan cenderung hanya mendengarkan tanpa bertanya perihal apa yang belum diketahui, bahkan ditemukan ada yang tertidur di kelas. Untuk mengatasi hal tersebut maka di perlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. Salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together yaitu model pembelajaran berkelompok dengan menggunakan kartu kepala bernomor untuk memanggil peserta didik secara acak dalam kelompok-kelompok pembelajaran. Pentingnya menerapkan model pembelajaran ini adalah karena dapat mendorong peserta didik untuk lebih terlibat aktif dalam proses pembelajaran serta memastikan bahwa semua peserta didik diberi kesempatan yang sama untuk berkontribusi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap keaktifan belajar IPS pada peserta didik kelas V MI DDI Tani Aman Samarinda.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan metode eksperimen dengan jenis quasi eksperimen design. Desain penelitian yang digunakan ialah the nonquivalent post test only control design, lokasi penelitian berada di MI DDI Tani Aman Samarinda, dengan jumlah populasi sebanyak 75 peserta didik, sampel yang digunakan ialah kelas V A yang terdiri dari 25 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas V B yang terdiri dari 25 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan ialah lembar observasi sebagai penilaian keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Teknik pengujian instrument menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lembar observasi keaktifan belajar IPS peserta didik dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan uji independent sample ttest diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, sesuai dengan kriteria pengujian yaitu hipotesis diterima apabila nilai sig (2-tailed) < 0,05. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap keaktifan belajar IPS pada peserta didik kelas V MI DDI Tani Aman Samarinda.