dc.description.abstract | ABSTRAK
Noor Ismiati Ulfiati Silvia, 1911306086. “Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Lina Revilla Malik, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Lely Salmitha, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa, Berdasarkan dari hasil survei menunjukan 75% bahwa kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn, dikarenakan siswa beranggapan bahwa pelajaran PKn itu membosankan karena dalam proses belajarnya siswa diberikan arahan untuk membaca materi di LKS, siswa diminta untuk mencatat materi yang telah diberikan, lalu mengerjakan soal yang ada di LKS, dan kurangnya konsetrasi siswa didalam kelas. Dalam hal itu menggambarkan motivasi belajar siswa di mata pelajaran PKn masih kurang. Sehingga membuat kegiatan pembelajaran serta kurang menarik.Sehingga perlu adanya pembelajaran yang inovatif salah satunya penggunaan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) yang dirasa perlu diterapkan dalam proses pembelajaran agar dapat memperbaiki proses pembelajaran dan membuat materi pembelajara untuk dipermudah. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Samarinda. Penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain True Eksperimental dengan jenis Pretest-Posttest Control Grup Design. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa yang berjumlah 30 siswa kelas kontrol dan 30 siswa kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu angket, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sampel, uji n-gain.
Mengenai hasil yang diperoleh dari penelitian terdapat pengaruh motivasi belajar siswa dilihat dari hasil perhitungan uji t independent sampel t-test didapat data senilai data sig (2-tailed) senilai 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis terbukti, maka Ho di tolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa di kelas kontrol dan eksperimen. Besar pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dilihat dari hasil uji N-Gain Score nilai rata-rata N-Gain Score untuk kelas eksperimen untuk kelas eksperimen 60,5071 atau 60,508% lebih besar dari 56% artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap motivasi belajar siswa, sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 34,8357 atau 34,84% artinya tidak berpengaruh. | en_US |