Show simple item record

dc.contributor.authorFitriyanti, Tyas Dwi
dc.date.accessioned2024-04-03T03:32:21Z
dc.date.available2024-04-03T03:32:21Z
dc.date.issued2024-01-13
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4221
dc.description.abstractABSTRAK Tyas Dwi Fitriyanti, 2023. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Teams Game Tournament Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V MI ArRahmah Samarinda”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurusan Pendidikan Madrasah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Mujahidah M.Si, selaku pembimbing I dan Maulida Ulfa Hidayah, M.Pd, selaku pembimbing II. Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah masih adanya hasil belajar IPAS yang dibawah KKM yaitu sebanyak 9 dari 28 siswa. Selain itu guru pun belum pernah menggunakan model pembelajaran teams game tournament. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran teams game tournament terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V MI Ar-Rahmah Samarinda. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis ekperimental semu (quasi eksperimental) yang menggunakan pretest-postest control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas V yang berjumlah 109 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling menggunakan sampel kelas V B sebagai kelas eksperimen dan kelas V C sebagai kontrol sejumlah 53 siswa yang dilakukan di MI Ar-Rahmah Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji t dengan independent sample t test dan data sudah memenuhi syarat normalitas dan homogenitas. Berdasarkan data rata-rata hasil posttest pada kelas eksperimen V B menggunakan model pembelajaran teams game tournament diperoleh rata-rata nilai 79,81 sedangkan kelas kontrol V C menggunakan direct learning diperoleh ratarata nilai 68,31. Hasil uji t diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,002 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti model pembelajaran teams game tournament berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V MI Ar-Rahmah Samarinda.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectModel Pembelajaran, Teams Game Tournamenten_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Teams Game Tournament Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V MI ArRahmah Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record