dc.description.abstract | ABSTRAK
Indriana, 2024 “Penerapan Metode Eksperimental dalam Pembelajaran IPA di Kelas V MI Al-Istiqomah Loa Janan”. Skripsi, Program Keguruan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarabiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultah Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian dibimbing oleh Drs. Khairul Saleh, M.Ag sebagai pembimbing I dan Dr. Khusnul Khotimah, M.Si sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah metode eksperimen merupakan metode yang sejak awal berdirinya MI Al- Istiqomah sudah di gunakan beberapa guru terkait materi pembelajaran yang sesuai dengan metode eksperimen. Pembelajaran dengan metode eksperimen ini membuat para siswa lebih aktif dan bersemangat di banding hanya dengan metode ceramah, karena siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran tersebut. Dengan metode eksperimen membuat siswa lebih cepat mengerti dari pada tidak menggunakan metode eksperimen, karena metode eksperimen bagi mereka belajar sambil bermain. Selama menggunakan metode eksperimen hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara signifikan terutama pada mata pelajaran IPA dengan sub tema tertentu. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA di kelas V MI Al-Istiqomah Loa Janan dan mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penerapan metode eksperimen.
Jenis penelitian ini adalah penelitian fenomenologi yang menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru IPA dan siswa MI Al-Istiqomah Loa Janan. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, merangkum, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA di kelas V MI Al-Istiqomah Loa Janan terlaksana dengan baik. Tahapan yang berlaku adalah: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pada tahap perencanaan guru harus menyiapkan bahan pembelajaran, pelatihan, tujuan pembelajaran, tahapan pembelajaran dan lamanya periode pelaksanaan. Pada tahap pelaksanaan selanjutnya dijelaskan penerapan metode eksperimen, struktur kelompok dan pemahaman konsep ilmiah, bimbingan kepala sekolah dan staf kurikulum, pemberian alat dan bahan. Terakhir, tahap pengambilan keputusan meliputi evaluasi, evaluasi dan cara mengevaluasi keberhasilan metode eksperimen. Faktor pendukungnya adalah pelatihan guru dalam penyusunan bahan ajar, motivasi kepala sekolah dan pimpinan kurikulum, serta kreativitas guru dalam pembuatan media eksperimen. Kemudian faktor penghambatnya adalah alat dan bahan uji yang belum mencukupi serta laboratorium yang belum ada. | en_US |