dc.description.abstract | ABSTRAK
Muhammad Redza Madzkuri, 2024. “Manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda Plus Keterampilan dan Riset”. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Siti Julaiha, S.Ag., M.Pd., selaku pembimbing I dan Bapak Dr. Akhmad Ramli, M.Pd., sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh manajemen pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) yang mengupayakan penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam penyelenggaraan pelayanan PTSP. Rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh penyelenggara PTSP di Madrasah meliputi pada pemenuhan pelayanan jasa, pelayanan administrasi kesiswaan yang diinginkan oleh siswa, alumni, serta masyarakat dengan pedoman pelaksanaan pada peraturan perundang-undangan yang telah berlaku. Tujuan penelitian ini meliputi perencanaan, implementasi, dan evaluasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).
Jenis penelitian adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, Wakil Bidang Hubungan Masyarakat, Petugas PTSP, Siswa, dan Alumni. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu kondensasi data, tampilan data, dan mengambarkan dan memverivikasi kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data memakai triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa a) perencanaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang dibuat oleh para stakeholder di madrasah melalui musyawarah. Selanjutnya disetujui oleh kepala madrasah serta termuat pada dokumen satu MAN 1 Samarinda Plus Keterampilan dan Riset. Adapun pelayanan administrasi kesiswaan yang diberikan untuk siswa/I dan alumni, seperti layanan surat keterangan, data siswa, surat izin keluar, surat mengikuti kegiatan, untuk alumni seperti legalisir ijazah, surat keterangan kehilangan ijazah, dan untuk pelayanan kepada masyarakat seperti surat izin penelitian, serta pelayanan bagi orang tua siswa/I. Hal ini di Beberapa Layanan dapat diakses melalui website PTSP MAN 1 Samarinda. b) Implementasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu untuk melayani dengan baik jika ada siswa, alumni, dan masyarakat memiliki keperluan sehingga bisa melapor ke ruang PTSP lalu ditindaklanjuti sesuai dengan keperluan secara online berbasis website atau offline. c) Evaluasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu bahwa evaluasi dilakukan oleh internal Madrasah yaitu Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, serta staff PTSP. Evaluasi dilaksanakan memonitoring secara berkala diantaranya
produktivitas, kualitas layanan, responsivitas dan responsibilitas petugas, serta akuntabilitas yang dilakukan setiap satu tahun sekali minimal 2 kali pertemuan dengan wali siswa dan bagi alumni, siswa, dan masyarakat bisa dilakukan dengan link website terkait dengan kepuasaan layanan. | en_US |