dc.description.abstract | ABSTRAK
Nur Aini Adha, 2024. “Strategi Kepala Sekolah dalam Kedisiplinan Siswa di SMA Negeri 1 Penajam”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penulis Skripsi di bimbing oleh Ibu Dr. Siti Julaiha, S.Ag., M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Sri Susmiyati, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang pada penelitian ini ialah ketertarikan peneliti terhadap sekolah SMA Negeri 1 Penajam dimana menjadi salah satu sekolah yang banyak diminati setiap tahunnya oleh peserta didik baru dan juga salah satu sekolah dengan akreditasi A di Penajam Paser Utara, dimana kedisiplinan di sekolah ini sudah dikatatakan baik dan sejauh ini berjalan dengan efektif sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian strategi dari kepala sekolah mengenai kedisiplinan siswa di sekolah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah guna mengetahui strategi kepala sekolah dalam kedisiplinan siswa di SMA negeri 1 Penajam. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Penajam.
Jenis Penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer yang terdiri dari kepala sekolah, waka kesiswaan, guru bimbingan konseling, dan guru Adapun data sekunder yang berupa data dan dokumen yang terkait dengan penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Teknik keabsahan data disini menggunakan tringulasi data dan juga tringulasi metode.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada 5 strategi yang digunakan oleh kepala sekolah dalam kedisiplinan siswa yaitu: 1.) Pertama, kepala sekolah memberikan contoh dan pembiasaan untuk mengikuti tata tertib dan peraturan yang ada seperti dengan melakukan penyambutan dan pengawasan didepan gerbang sekolah ketika pagi sebelum jam pembelajaran dimulai. 2.) Kedua, kepala sekolah melibatkan seluruh guru, staff, dan juga melibatkan siswa dalam pembuatan peraturan dan tata tertib di sekolah agar didapat kesepakatan bersama mengenai peraturan mana yang sebaiknya ditetapkan dan dapat dijalankan dan saling tidak memberatkan satu sama lain, dimana saat ini peraturan ini disebut dengan kesepakatan peserta didik SMA Negeri 1 Penajam Paser Utara. 3.) Ketiga, senantiasa mengingatkan dengan memberikan motivasi dan nasehat mengenai kedisiplinan baik disampaikan secara langsung maupun ketika menjadi Pembina upacara ataupun dikesempatan lain disekolah. 4.) Keempat, melakukan pengawasan terhadap kedisiplinan dengan melakukan pengawasan secara langsung dan turut melibatkan guru dan staff guna membantu melakukan pemantauan dan pengawasan. 5.) Kelima, memberlakukan pemberian sanksi dan hukuman kepada pelaku pelanggaran kedisiplinan berdasarakan tingkat pelanggaran yang dilakukan oleh peserta didik guna memberikan efek jera. | en_US |