Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Kinerja Guru Di SD Islam Terpadu Insan Mandiri
Abstract
ABSTRAK
Juliana Sari, 2024 “Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Kinerja Guru Di SD Islam Terpadu Insan Mandiri” Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian Ini dibimbing oleh bapak Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin M.Pd sebagai pembimbing I dan Bapak Dr. H. Achamd Ruslan Afendi M.Ag sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kelengkapan sarana dan prasarana terhadap kinerja guru, mengingat Guru memiliki peran krusial dalam pelaksanaan pendidikan, karena guru berfungsi sebagai fasilitator dan pelaku utama dalam proses belajar siswa di sekolah. Untuk mendukung kinerja guru yang optimal, penting untuk melengkapi sarana dan prasarana yang memadai. Berdasarkan hasil pengamatan lokasi yang memperlihatkan bahwa, guru telah menjalankan tugasnya sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini terbukti dari cara mereka mengelola kelas, menyampaikan materi pembelajaran, serta menyediakan perangkat pembelajaran yang diperlukan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh sarana dan prasarana terhadap kinerja guru di SD Islam Terpadu Insan Mandiri.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru di SD Islam Terpadu Insan Mandiri yang berjumlah 45 guru sedangkan, sampel dari penelitian ini berjumlah 40 Guru. adapun bentuk pilihan skor yang digunakan dalam kuisioner yakni 4 alternatif jawaban. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan uji prasyarat yang didalamnya terdapat uji normalitas, uji linearitas, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sarana prasarana berpengaruh positif terhadap kinerja guru di SD Islam Terpadu Insan Mandiri Muara Badak. Jika dilihat dari perhitungan linear sederhana, menunjukkan bahwa angka koefisien regresi sebesar 0,636. Karena nilai koefisien regresi bernilai positif (+), maka penelitian ini memiliki pengaruh yang positif. Dan jika dilihat dari hasil nilai Thitung (12,239) > Ttabel (2,204) dengan signifikansi 0,000 maka terdapat pengaruh yang signifikansi antara sarana prasarana terhadap kinerja guru di SD Islam Terpadu Insan Mandiri Muara Badak. Perhitungan koefisien determinasi diperoleh angka 63,6% dan sisanya 36,4% dipengaruh oleh faktor-faktor lainnya. Dengan demikian maka terdapat pengaruh yang positif antara Sarana dan prasarana terhadap kinerja guru di SD Islam Terpadu Insan Mandiri. Kelengkapan sarana dan prasarana juga memberikan kontribusi dalam menghasilkan atau membentuk kinerja guru yang baik di SD Islam Terpadu Insan Mandiri.