Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Citra Madrasah di MTs An-Nur Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Djaelani Rachmat Elqassam. 2024. “Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Citra Madrasah di MTs An-Nur Samarinda”. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penulis Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Ananiah. M, M.Pd selaku pembimbing I dan Drs. H. Imam Mohtar, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini membahas tentang “Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkat Citra di MTs An-Nur Samarinda”. Citra merupakan aset berharga yang dipersepsikan oleh publik dapat memberikan dampak luas bagi pendidikan, MTs An-Nur merupakan lembaga pendidikan formal yang berciri khas pesantren pada umunya, madrasah melakukan kegiatan program yang berfokus formal kurikulum pendidikan dan pendidikan Islam dalam meraih prestasi, dan berupaya meningkatkan kualitas madrasah dari kendala madrasah seperti finansial, fasilitas dan krisis covid-19 sehingga perlu pengelolaan yang tepat dalam meningkatkan citra madrasah pada rangkaian fungsi manajemen kepala madrasah, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan citra madrasah dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dilakukan kepala MTs An-Nur Samarinda.
Jenis penelitian adalah kualitatif yang menjadi informan yaitu kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, tim media dan humas, bendahara, dan kepala tata usaha. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan citra madrasah di MTs An-Nur Samarinda yaitu, melakukan peninjauan dan menyusun perencanaan serasi dengan visi misi madrasah. Kemudian pengorganisasian dimadrasah sudah terorganisir sesuai bidang keahliannya. Kemudian pelaksanaan sudah berjalan semestinya dengan memotivasi secara langsung dan memberikan apresiasi dengan pencapaian prestasi pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik, juga pelibatan aktif kegiatan pendidikan, ekstrakurikuler, dan masyarakat. Kemudian pengawasan kesehariannya memperhatikan absensi kehadiran pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, dan turun langsung kelapangan melihat kondisi untuk mencatat letak kekurangan yang menjadi bahan evaluasi pada rapat evaluasi mingguan para staff mengenai perencanaan yang sudah dijalankan. Faktor pendukung seperti tekad kuat kepala madrasah menjalankan fungsi manajerial, transparansi, dan akuntabilitas. Memperkuat kesolidan tim agar harmonis dalam pencapaian tujuan, mempertahankan budaya dan karakter sebagai ciri khas berbasiskan pesantren pendidikan keagamaan, dan ekstrakurikuler yang aktif dalam pencapaian prestasi madrasah. Faktor penghambat terbatasnya pendanaan dan kurangnya ruang kelas serta asrama putra yang terus diupayakan denganmelakukan penawaran para donatur untuk mengoptimalkan kinerja pendanaan sehingga bisa melakukan penambahan gedung secara bertahap.