Problematika Penerapan Media Pembelajaran Audio Visuall Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekkolah Dasar Negeri (SDN) 005 Tenggarong Seberang
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Hairul, 2024. Problematika Penerapan Media Pembelajaran Audio Visuall Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekkolah Dasar Negeri (SDN) 005 Tenggarong Seberang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Gianto, S.Pd., M.Pd.I selaku pembimbing I dan Ibu Dr. Khusnul Khotimah, M.Si selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu cara guru dalam menyampaikan materi pembelajaran di kelas dengan efektif dan menyenangkan. Sebagian walikelas di SDN 005 Tenggarong Seberang telah menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaranIPA namun sebagian besarnya lagi masih terdapat yang tidak menggunakannya. Mereka mengakui bahwa mereka masih menghadapi banyak tantangan dan problematika dalam penggunaan media pembelajaran, meskipun telah menggunakannya dalam beberapa kali pembelajaran di kelas. Hal tersebut yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti di SDN 005 Tenggarong Seberang. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui problematika dalam penerapan media pembelajaran audio visual mata pelajaran IPA di SDN 005 Tenggarong Seberang.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah kepala sekolah dan wali kelas. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika guru dalam penerapan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran IPA yaitu pertama, problematika pada tahap persiapan. Problematika pada tahap persiapan penerapan media pembelajaran audio visual yang pertama yaitu, Guru Belum Mahir dan Kurangnya Kreativitas Dalam Pembuatan Media Audio Visual dan yang kedua adalah kurangnya waktu guru untuk membuat media pembelajaran audio visual. Problematika pada tahap pelaksanaan penerapan media pembelajaran audio visual mata pelajaran IPA yang pertama yaitu, sarana media pembelajaran audio visual yang kurang memenuhi. Kedua, jaringan internet yang sangat kurang bagus atau mendukung. Problematika pada tahap tindak lanjut atau evaluasi penerapan media pembelajaran audio visual mata pelajaran IPA yaitu guru kekurangan waktu jam pelajaran untuk melakukan kegiatan evaluasi setelah menggunakan media audio visual pada pembelajaran di kelas. Upaya mengatasi problematika penerapan media pembelajaran audio visual mata pelajaran IPA yaitu pertama, memilih dan membuat media pembelajaran dengan memertimbangkan keadaan dan kriteria pembelajaran, kedua, pengelolaan waktu yang baik, dan yang ketiga adalah pengadaan rapat evaluasi bersama.