Show simple item record

dc.contributor.authorRasyid, Akhmad
dc.date.accessioned2024-05-17T02:45:13Z
dc.date.available2024-05-17T02:45:13Z
dc.date.issued2024-02-02
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4312
dc.description.abstractABSTRAK Akhmad Rasyid, 2023. Efektivitas Pelayanan Zakat dengan Menggunakan E-digital dalam Meningkatkan Jumlah Penerimaan Zakat pada BAZNAS Provinsi Kalimantan Timur. Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Darmawati, M. Hum selaku dosen pembimbing 1 dan Bapak Nur Rahmatullah, S.E., M.S.A selaku dosen pembimbing 2. Belakangan ini banyak bermunculan lembaga sosial zakat di tanah air, karena kesadaran umat Islam untuk membayar zakat semakin baik. Banyaknya pesaing di bidang yang sama, membuat persaingan untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, masing-masing lembaga harus meningkatkan pelayanan, salah satunya dengan memberikan layanan berbasis teknologi digital. Pemberian pelayanan yang baik kepada muzakki akan memberikan kepuasan dan loyalitas pada pengelola zakat tersebut. Ketika pelayanan atas jasa yang diterima sesuai dengan yang diharapkan maka kualitas pelayanannya dipersepsikan baik dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelayanan zakat dengan menggunakan e-digital dalam meningkatkan penerimaan zakat pada BAZNAS Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yaitu data primer yang dihasilkan secara langsung melalui wawancara dengan pegawai dan muzakki BAZNAS Provinsi Kalimantan Timur, data sekunder yaitu data yang diperoleh dengan berupa literatur yang berhubungan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, selanjutnya menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil perhitungan menyatakan bahwa pencapaian jumlah penerimaan zakat BAZNAS Kaltim tahun 2021 yaitu sebesar 88% yang berarti bahwa peningkatan jumlah penerimaan zakat di tahun tersebut terbilang cukup efektif. Kemudian peningkatan jumlah penerimaan zakat di tahun 2022 yaitu sebesar 118% yang berarti peningkatan tersebut dinyatakan efektif. Selain itu juga dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa pelayanan zakat dengan menggunakan e-digital di BAZNAS Kaltim sudah efektif. Hal ini karena, setiap indikator untuk mengukur efektivitas sudah dilakukan dengan baik, tepat dan benar. Walaupun ada kendala dimana BAZNAS Kaltim belum memisahkan antara jumlah penerimaan zakat yang diperoleh secara online dan manual. Padahal hal ini penting dalam dunia digitalisasi sebagai salah satu wujudnya transparansi. Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan, E-Digital, Jumlah Penerimaan zakat.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectEfektivitas, Pelayanan, E-Digital, Jumlah Penerimaan zakat.en_US
dc.titleEfektivitas Pelayanan Zakat dengan Menggunakan E-digital dalam Meningkatkan Jumlah Penerimaan Zakat pada BAZNAS Provinsi Kalimantan Timuren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record