Show simple item record

dc.contributor.authorAzizah, Nur Afni
dc.date.accessioned2024-05-20T03:46:16Z
dc.date.available2024-05-20T03:46:16Z
dc.date.issued2024-04-16
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4317
dc.description.abstractABSTRAK Nur Afni Azizah, 2024. "Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SMK Negeri 8 Samarinda". Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Ananiah, M. M.Pd sebagai pembimbing I dan Bapak Dr. H. Ahmad Ridani, M.M sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah dilihat bahwasannya kepemimpinan kepala sekolah yang dapat bertanggung jawab atas kebijakan-kebijakan yang diterapkan serta memiliki sikap yang gigih dalam mengembangkan sekolah sehingga dapat mewujudkan prestasi sekolah yang bernilai unggul dengan akreditas baik yang telah dicapai dan dipertahankan oleh sekolah hingga sekarang.dilihat dari mutu pendidikannya, SMK Negeri 8 merupakan salah satu sekolah berkualitas dalam bidang pelayaran. Dalam segi prestasi yang diperoleh bukan hanya dalam hal non akademik namun juga dalam hal akademik yang telah ditunjukkan keunggulannya dalam hasil belajar dan pencapaian akademiknya dalam berbagai bidang mata pelajaran. Dilihat dari hal tersebut, sekolah tentunya juga sering melakukan pelatihan-pelaatihan untuk meningkatkan kualitas pendidiknya sehingga berdampak pula bagi pencapaian peserta didik. Dengan adanya hal tersebut tentunya tidak lepas dari peran seorang pemimpin dalam menerapkan kebijakan dalam kepemimpinannya untuk dapat meningkatkan standar pendidikan yang ada di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di SMK Negeri 8 Samarinda. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang diambil pada penelitian ini adalah seluruh pendidik di SMK Negeri 8 Samarinda sebanyak 64 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi atau pengamatan, kuesioner atau angket, dan dokumentasi. Instrumen angket digunakan untuk memperoleh data dari setiap variabel sedangkan observasi dan dokumentasi dilakukan untuk memperkuat data penelitian. Hasil dari pengumpulan data tersebut diananlisis dan dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana, korelasi product moment, uji parsial (uji T) dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMK Negeri 8 Samarinda. Hal itu dapat dilihat dari nilai thitung (7.074) > ttabel (1.998) berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan. Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan tergolong dalam kategori derajat hubungan yang kuat terhadap peningkatan mutu pendiikan dengan hasil pengujian korelasi product moment terlihat nilai korelasinya sebesar 0,668. Dan dilihat dari nilai R Square terlihat bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh sebesar 44,7% terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMK Negeri 8 Samarinda.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectKepemimpinan, Kepala Sekolah, Peningkatan Mutu Pendidikanen_US
dc.titlePengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SMK Negeri 8 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record