dc.description.abstract | ABSTRAK
Nurul Fauziah,2024. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kedisiplinan pendidik di SMP Negeri 15 Samarinda”. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendiidkan Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Univeristas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Khairul Saleh M. Ag dan Bapak Dian Arif Noor Pratama M, Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah bermula dari melihat kepemimpinan kepala sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk budaya sekolah dan menentukan arah kebijakan yang memengaruhi kinerja pendidik di sekolah menengah. Kedisiplinan pendidik menjadi faktor kunci dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan efektif bagi peserta didik. Namun, tantangan dalam menjaga kedisiplinan pendidik seringkali muncul dalam konteks sekolah. Di SMP Negeri 15 Samarinda, tantangan tersebut mungkin juga terjadi. Namun, belum banyak penelitian yang secara khusus mengeksplorasi hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan tingkat kedisiplinan pendidik di sekolah tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh dan besar kecilnya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan pendidik di SMP Negeri 15 Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang diambil pada penelitian ini adalah seluruh pendidik di SMP Negeri 15 Samarinda sebanyak 53 orang. Teknik pengumpulan data melalui kueisioner (angket), observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen angket digunakan untuk memperoleh data dari setiap variabel sedangkan observasi, wawancara dan dokumentasi dilakukan untuk memperkuat data penelitian. Hasil dari pengumpulan data tersebut dianalisis dan dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana, korelasi product moment, uji parsial (uji T) dan uji koefisien determinasi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan pendidik di SMP Negeri 15 Samarinda. Dilihat dari hasil uji parsial (uji t) nilai perbandingan thitung dan ttabel menunjukkan bahwa Thitung > Ttabel (7,078 > 2,007) yang diartikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu terdapat pengaruh positif antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan pendidik. Hasil dari perhitungan korelasi product moment sebesar 0,704. Berdasarkan tabel interperetasi terhadap nilai r pengaruh tersebut tergolong kuat. Dari uji determinasi ditemukan nilai r square 0,496 yang berarti bahwa pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan pendidik sebesar 49,6% dan sisanya sebesar 50,4% berasal dari pengaruh lain yang tidak diteliti. | en_US |