Pengaruh Dompet Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Indo Masriani, 2023. “Pengaruh Dompet Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Parno, S.E., M.S.I dan Ibu Nurul Fadhilah, S.S.T., M.E
Fenomena pembayaran digital yang telah terjadi, tentu saja membuat perubahan gaya hidup karena semakin dipermudah penggunaannya, manfaat yang dirasakan, kredibilitas, pengaruh sosial dan niat berperilaku digital payment tidak menutup kemungkinan meningkatnya aktivitas konsumsi dan dampak yang ditimbulkannya dapat memicu perubahan perilaku konsumsi mahasiswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, persepsi kredibilitas, pengaruh sosial, niat berperilaku digital payment terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dengan sampel berjumlah 94 mahasiswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik Purposive Sampling dengan kriteria mahasiswa yang menggunakan digital payment. Teknik analisa data uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dari hasil uji t (parsial) diketahui bahwa persepsi kemudahan penggunaan tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif dengan nilai thitung sebesar 0,328 < ttabel 1,986 dan nilai sig. sebesar 0,743 > 0,05. Persepsi manfaat berpengaruh terhadap perilaku konsumtifdengan nilai thitung sebesar 2,176 > ttabel 1,986 Persepsi kredibilitas tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif dengan nilai thitung sebesar 1,531 < ttabel 1,986 dan nilai sig. sebesar 0,129 > 0,05. Pengaruh sosial berpengaruh terhadap perilaku konsumtif dengan nilai thitung sebesar 3,379 > ttabel 1,986 dan nilai sig. sebesar 0,001 < 0,05. Niat berperilaku tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif dengan nilai thitung sebesar 1,080 < ttabel 1,986 dan nilai sig. sebesar 0,283 > 0,05. Variabel persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, persepsi kredibilitas, pengaruh sosial, dan niat berperilaku secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif diperoleh nilai nilai sig. sebesar 0,001 < 0,05 dan F hitung 4,844 > Ftabel 2,48. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan variabel independen berpengaruh sebesar 17,1% dan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Persepsi Kredibilitas, Pengaruh Sosial, Niat Berperilaku, Perilaku Konsumtif