dc.description.abstract | ABSTRAK
Fadya Puspa Anggraini, 2024. "Upaya Sekolah dalam Menciptakan Nilai Cinta Lingkungan dan Kebersihan Pada Peserta Didik di MI Al-Mujahidin Samarinda". Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Robingatin, M.Ag selaku pembimbing I dan Dr. Hj. Titi Kadi, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini membahas kondisi sekolah MI Al-Mujahidin Samarinda yang pertama ialah sering terjadinya banjir di sekitar area sekolah yang dikarenakan sekolah tersebut berada di dalam gang dan padat pemukiman. Kedua ialah kegiatan program Adiwiyata yang diterapkan di sekolah, yaitu kegiatankegiatan yang mengembangkan cinta lingkungan dan kebersihan pada peserta didik. Sangat penting adanya upaya sekolah dan kegiatan yang mengembangkan dan menciptakan nilai cinta lingkungan dan kebersihan pada peserta didik di MI Al-Mujahidin Samarinda. Tujuan dari penelitian ini (1) untuk mengetahui upaya sekolah dalam menciptakan nilai cinta lingkungan dan kebersihan pada peserta didik di MI Al-Mujahidin Samarinda (2) untuk mengetahui apa saja kegiatan yang membantu mengembangkan cinta lingkungan dan kebersihan pada peserta didik di MI Al-Mujahidin Samarinda.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu mendeskripsikan hasil penelitian dalam bentuk narasi atau kata-kata. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, tim inti adiwiyata, perwakilan guru dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan ialah kondensasi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, (1) upaya sekolah dalam menciptakan nilai cinta lingkungan dan kebersihan pada peserta didik menerapkan kegiatan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) di sekolah, seperti mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang. Pengembangan karakter sekolah hendaknya didasarkan pada lingkungan sekolah anak. Peran sekolah mencakup membimbing perkembangan anak, memahami dan menangani nilai-nilai, tindakan, dan karakter anak, serta membimbing aktivitas dan interaksi anak sehari-hari. Contoh sekolah membuat himbauan peduli lingkungan di area sekolah, dengan ini bisa membiasakan anak untuk mempraktikkan himbauan tersebut (2) Program yang mengembangkan cinta lingkungan dan kebersihan pada peserta didik di MI Al-Mujahidin Samarinda, yaitu program kurasama, membawa tempat makan dan tumbler, kampanye sampah bebas plastik, pengelolaan kompos, pengelolaan eco-enzyme, konservasi air, energi, dan jelita (jelantah kita). Program-program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan peserta didik. Adapun ikut dalam kegiatan menjaga kebersihan lingkungan, kegiatan ekstrakulikuler, adanya fasilitas berbasis lingkungan, dan mata pelajaran yang mengembangkan karakter peduli lingkungan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keselamatan lingkungan peserta didik. | en_US |