Show simple item record

dc.contributor.authorNisa, Khoirun
dc.date.accessioned2024-05-28T01:14:04Z
dc.date.available2024-05-28T01:14:04Z
dc.date.issued2024-03-20
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4335
dc.description.abstractABSTRAK Khoirun Nisa, 2024. “Peran Guru Pendamping Dalam Pembelajaran di SD Islamic Center Samarinda”. Skripsi Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda,. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Wildan Saugi M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Ibu Sunanik, M.Pd. I selaku pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan guru pendamping di salah satu sekolah unggulan di kota Samarinda yaitu SD Islamic Center Samarinda. mempunyai sesuatu yang berbeda dari sekolah lainnya yaitu selain ada guru inti juga ada guru pendamping. Adapun SD Islamic Center Samarinda menggunakan guru pendamping yaitu karena hal tersebut merupakan salah satu peraturan dari Yayasan dan sebagai program unggulan sekolah agar siswa lebih terpantau selama disekolah dan dapat bekerjasama dengan guru inti dalam menjalankan tugas. Peneliti melakukan wawancara dengan salah satu guru bahwa dalam kegiatan perencanaan guru pendamping tidak membantu guru inti dalam membuat modul ajar, media dan lembar penilaian siswa. Tujuan penelitian ini: (1) untuk mengetahui peran guru pendamping dalam pembelajaran di SD Islamic Center Samarinda, (2) dampak adanya guru pendamping di SD Islamic Center Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kepala sekolah SD Islamic Center Samarinda, waka kurikulum SD Islamic Center Samarinda, guru inti kelas 2 dan 5 SD Islamic Center Samarinda serta guru pendamping kelas 2 dan 5 SD Islamic Center Samarinda. Sedangkan sumber data sekunder ialah dalam bentuk dokumen yang berhubungan dengan guru pendamping di SD Islamic Center Samarinda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Teknik analisis data yang digunakan ialah koleksi data (data collection), kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display) dan kesimpulan (conclution). Hasil penelitian ini menunjukkan peran guru pendamping dalam pembelajaran di SD Islamic Center Samarinda yakni yaitu: a. Sebagai fasilitator yang terdiri dari membantu siswa memahami makna/arti setiap pokok materi Pelajaran, guru dan guru pendamping berkolaborasi menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. b. Sebagai motivator yaitu guru pendamping dan guru lainnya melakukan kolaborasi untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran c. Sebagai inspirator yaitu guru pendamping membantu mendorong siswa untuk semangat selama proses pembelajaran dan guru pendamping memberikan contoh-contoh berpenampilan, sifat dan perilaku baik yang dapat ditiru oleh siswa. Adanya guru pendamping di SD Islamic Center Samarinda memberikan dampak positif yaitu kendala yang dialami siswa dan guru saat pembelajaran tertangani dengan baik, tugas guru inti terlaksana dengan baik dengan bantuan guru pendamping dan proses pembelajaran menjadi kondusif. Adapun dampak negative adanya guru pendamping di SD Islamic Center Samarinda tidak ditemukan.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPeran, Guru Pendamping, Pembelajaranen_US
dc.titlePeran Guru Pendamping Dalam Pembelajaran di SD Islamic Center Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record