Show simple item record

dc.contributor.authorSalam, Alisa Nurhasanah
dc.date.accessioned2024-05-28T02:39:38Z
dc.date.available2024-05-28T02:39:38Z
dc.date.issued2024-03-18
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4337
dc.description.abstractABSTRAK Alisa Nurhasanah Salam, 2024, Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di MA Darul Ihsan Samarinda. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Dr. Badrut Tamam, M.Pd.I selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah peneliti melihat bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru dan masih ditemukannya beberapa guru yang berlaku tidak disiplin di MA Darul Ihsan Samarinda dalam hal datang tepat waktu. Hal tersebut membuat peneliti tertarik melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di MA Darul Ihsan. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk (1) mengetahui peran kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di MA Darul Ihsan Samarinda (2) mengetahui dampak dari kebijakan yang ditetapkan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru. Metode yang digunakan peneliti yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana, yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menghasilkan temuan : (1) Sebagai leader kepala MA Darul Ihsan Samarinda memberikan contoh teladan yang baik kepada para guru di madrasah yang ia pimpin. Sebagai seorang educator kepala MA Darul Ihsan Samarinda senantiasa memberikan pemahaman kepada para guru bahwasanya guru merupakan contoh bagi para siswanya. Sebagai manager kepala madrasah dibantu dengan wakil kepala madrasah membuat program khusus yakni supervise mengajar. Kepala madrasah sebagai supervisor¸ kepala MA Darul Ihsan Samarinda melaksanakan program supervisi mengajar, bentuk kegiatannya yakni mengecek jurnal mengajar guru yang sudah terbagi di tiap kelas, mengecek presensi kehadiran guru dan mengecek jurnal mengajar guru di tiap-tiap kelas. (2) Dampak kebijakan kepala madrasah dirasakan positif oleh para guru yang menjalankan kebijakan tersebut. Kebijakan yang ditetapkan kepala madrasah dinggap tidak memberatkan para guru. Kemudian, dalam melaksanakan kebijakan tentunya terdapat kendala-kendala yang dihadapi oleh pelaksana kebijakan. Pada praktek sehari-hari, kebijakan kepala madrasah yang dianggap tidak memberatkan para guru juga perlu diiringi dengan ketegasan kepala madrasah agar semua guru dapat berlaku disiplin sehingga tercipta lingkungan madrasah yang kondusif dan tertib.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectKepala Madrasah, Kedisiplinan Guruen_US
dc.titlePeran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di MA Darul Ihsan Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record