Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Siti Aisyah 2024. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Siti Julaiha, S. Ag, M. Pd selaku pembimbing I dan Drs. H. Imam Mohtar, M. Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kepemimpinan dapat menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan sekolah dalam mewujudkan tujuannya. Berdasarkan hasil observasi, kepemimpinan yang dilakukan oleh kepala madrasah telah terlaksana, mulai dari merencanakan, mengorganisasikan, mengelola dan mengevaluasi tenaga pendidik dan pegawai madrasah untuk menjalankan tugasnya demi perkembangan madrasah. Begitu pula dengan guru di madrasah ini sebanyak 26 orang yang melaksanakan tugasnya dengan kemampuan atau kompetensi yang dimiliki, seperti menyusun rencana pembelajaran, metode pembelajaran, dan kompetensi lainnya.
Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan Sampel pada penelitian ini berjumlah 26 guru yang menjadi objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil dari pengumpulan data kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif, uji regresi linear sederhana, uji korelasi, uji T, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarinda, dengan nilai korelasi 0,393 dan berada pada skala 0,200-0,400 yang artinya terdapat hubungan lemah. sedangkan hasil analisis uji T menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 2,093 > 1,710 yakni ada pengaruh variabel X (Kepemimpinan Kepala Madrasah) terhadap variabel Y (Kinerja Guru). Adapun arah pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja guru adalah positif. Dibuktikan dengan nilai korelasi regresi X 0, 292 maka partisipasi juga bertambah sebanyak 0,292 dan nilai konsistensi variabel partisipasi sebanyak 92,616. Dilihat dari tabel Koefisien Determinasi (R Square) yaitu 0,154, maka terdapat pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru 15,4% serta sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Walaupun demikian, tingkat kecenderungan kepemimpinan kepala madrasah dengan nilai 148 dan kinerja guru dengan nilai 138 berada pada kategori sedang yang artinya kedua variabel telah melaksanakan tugas serta tanggung jawabnya dengan baik demi kemajuan madrasah.
Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kinerja Guru