dc.description.abstract | ABSTRAK
Niswatun Hasanah, 2024. Manajemen Strategis dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di SD Insan Terpadu Insan Mandiri Muara Badak. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak. Dr. Suratman, M.Pd., sebagai pembimbing I dan Ibu Mutia Umi Setyoningrum, S.Pd, M.Pd., sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini bahwa SD Islam Terpadu Insan Mandiri termasuk sekolah yang unggul dari segi pelajaran agama di Muara Badak. Di sekolah ini dilaksanakan program seperti mangadakan jam les tambahan untuk mengasah kemampuan dan keterampilan siswanya, seperti jam tambahan pembelajaran IPA, bahasa, MTK, dan olahraga untuk mengikuti lomba olimpiade,serta pelatihan bahasa untuk meningkatakan kualitas anak-anak berbahasa arab dan inggris. Mutu pembelajaran di sana dapat dilihat dari segi pengajaran guru-guru disana sebelum mengajar di kelas telah menyiapakan materi pembelajaran, bahan ajar, dan media pembelajaran sebelum mengajar dikelas. Dengan menekankan pentingnya manajemen yang baik dan penerapan manajemen strategis di SD Islam Terpadu Insan Mandiri akan mampu meningkatkan mutu pembelajaran dan pendidikan secara keseluruhan di suatu lembaga pendidikan. Tujuan penelitian iniialah untuk mendeskripsikan manajemen strategis dalam peningkatan mutu pembelajaran. Selain itu juga mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat.
Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif, dengan pendekatan kualitatif dengan sumber data kepala sekolah, guru yang mengajar di sekolah, serta beberapa peserta didik sekolah. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan Miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensansi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data memakai triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan strategis dalam peningkatan mutu pembelajaran melalui: pembuatan perangkat pembelajaran, peningkatan profesionalisme guru melalui pelatihan, the power of habits dan evaluasi rutin yang dilakukan setiap minggu. 2) pelaksanaan strategis dalam peningkatan mutu pembelajaran meliput: menetapkan target dengan menyusun modul ajar, membuat kebijakan atau aturan, memotivasi guru dan siswa, mengalokasikan sumber daya. 3) evaluasi strategis dalam peningkatan mutu pembelajaran mencangkup: mengevaluasi proses akademik, evaluasi stretegi yang telah direncanakan,mengevaluasi mengenai proses pembelajaran, menentukan solusi dan tindakan. 4) adapun faktor pendukung meliputi: keterlibatan kepala sekolah, sarana prasarana yang memadai, serta dukungan orang tua siswa itu sendiri, dan faktor penghambat meliputi: kurangnya motivasi siswa, kuranganya partisipasi atau dukungan orang tua. | en_US |