dc.description.abstract | ABSTRAK
Alfiyah Damayanti, 2024. “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Membentuk Karakter Budaya Pada Siswa Kelas 5 Di SD Islamic Center Samarinda”. Skripsi Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI) Samarinda. Peneliti ini dibimbing oleh Ibu Marniati Kadir, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Bapak Wildan Saugi, M.Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan dalam pembangunan sumber daya manusia di Indonesia, dengan fokus pada perubahan kurikulum terhadap kebutuhan kompetensi dan karakter. Kurikulum Darurat 2019 dan Kurikulum Merdeka menekankan pada pembentukan karakter melalui Profil Pelajar Pancasila, yang mencakup aspek keimanan, ketakwaan, akhlak, gotong royong, kebhinekaan, berpikir kritis, kreatif, dan mandiri. Pendekatan ini diintegrasikan melalui pembelajaran intrakurikuler dan kokurikuler, yang dirancang untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam membentuk Karakter Budaya pada siswa kelas 5 di SD Islamic Center Samarinda (2) untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk membentuk Karakter Budaya pada siswa kelas 5 di SD Islamic Center Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriftif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas V dan peserta didik dan dokumen yang berhubungan dengan Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam membentuk karakter budaya di SD Islamic Center Samarinda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini ialah pengumpulan data (data collection), kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display) dan kesimpulan (conclution).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila dalam membentuk karakter budaya pada siswa kelas 5 di SD Islamic Center Samarinda yakni dalam a. Pengenalan yang terdiri dari Menjelaskan materi proyek P5, memperkenalkan tema, memperkenalkan elemen sub. b. Kontekstualisas menggali pengetahuan terkait ecoprint gelar karya P5 dan survai lingkungan terkait ecoprint dan gelar karya P5, c. Aksi yang terdiri dari Pembuatan proyek ecoprint dan gelar karya. d. Refleksi Mengidentifikasi kendala pada kegiatan P5 dan membuat target waktu. Hasil Upaya guru dalam membentuk karakter budaya siswa mendapatkan pengetahuan nilai kebudayaan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. (2) Faktor pendukung diantaranya, adanya guru-guru professional, guru kreatif dan inovatif dalam proyek P5, fasilitas yang cukup memadai, partisipasi keaktifan siswa, pemecahan masalah yang efektif dan cepat Untuk faktor penghambat diantaranya, menentukkan tema yang cocok, dan keterbatasan waktu. | en_US |