Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMPN 4 Muara Kaman
Abstract
ABSTRAK
Karmila, 2024, “Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMPN 4 Muara Kaman”. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Wahdatun Nisa, M.A. serta Bapak Misbahul Fuad, M.Pd.I
Penelitian ini memiliki latar belakang berdasarkan hasil pengamatan lokasi yang memperlihatkan manajerial kepala sekolah, dalam kemampuan manajerialnya sudah berdasarkan indikatornya seperti kepala sekolah mampu membuat dan menyusun RKAS, mengkoordinasi sekolah, merancang tujuan sekolah. Mampu dalam bekerjasama dengan guru, menjalin komunikasi dengan guru dan staff, memberikan penghargaan kepada guru, memotivasi guru guna memperoleh partisipasi yang optimal untuk mencapai tujuan. Mampu dalam mengelola kelas. Sarana prasarana dengan baik dan dapat mengelola program evaluasi peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri 4 Muara Kaman.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan memakai rumus korelasi product moment. Popolasi di penelitian adalah guru, staff, pengawas dan kepala sekolah di SMPN 4 Muara Kaman, dengan jumlah responden 15. Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi angket dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis yang digunakan adalah uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipoteses memakai analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, kemampuan manajerial kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kinerja guru di SMPN 4 Muara Kaman. Dilihat dari hasil perhitungan koefisien regresi yang bernilai positif (+), yaitu senilai 0,656, karena nilai koefisien regresi bernilai positif. Maka penelitian ini memiliki pengaruh yang positif. Dan jika dilihat dari hasil nilai thitung (6,883) lebih besar dari nilai ttabel (2,036) dengan signifikansi 0,000. Maka terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMPN 4 Muara Kaman. Perhitungan koefisien determinasi diperoleh angka 47,7% dan sisanya 53,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Dengan demikian terdapat pengaruh positif antara kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMPN 4 Muara Kaman, dan kemampuan manajerial kepala sekolah memberikan kontribusi dalam menghasilkan kinerja guru yang baik di SMPN 4 Muara Kaman.