Show simple item record

dc.contributor.authorMawaddah, Noor
dc.date.accessioned2024-05-31T01:57:52Z
dc.date.available2024-05-31T01:57:52Z
dc.date.issued2024-03-20
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4354
dc.description.abstractABSTRAK Noor Mawaddah, 2024 “Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler di MTs Ulumuddin Samboja”. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Robingatin. M. Ag selaku pembimbing I dan Bapak Wildan Saugi, M.Pd selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian ini seperti peneliti ketahui bahwa MTs Ulumuddin Samboja berada di bawah naungan Pondok Pesantren Al-arsyadi, yang mana perlu pengelolaan yang baik dalam kegiatan ekstrakurikulernya. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui bagaimana manajemen kegiatan ekstrakurikuler di MTs Ulumuddin Samboja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kegiatan ekstrakurikuler di MTs Ulumuddin Samboja dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler di MTs Ulumuddin Samboja. Penelitian deskriptif kualitatif adalah metode yang digunakan. Wawancara, dokumentasi, dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Data yang dikumpulkan untuk penelitian ini berasal dari Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, dan guru ekstrakurikuler di MTs Ulumuddin Samboja. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data ini adalah triangulasi sumber dan metode. Adapun hasil dari penelitian ini memiliki dua pembahasan sebagai berikut: 1) Manajemen kegiatan ekstrakurikuler di MTs Ulumuddin Samboja, diawali dengan perencanaan menentukan apa yang akan diterapkan, lalu tujuan dan kegiatan apa yang akan ditingkatkan, yang direncanakan oleh kepala madrasah, waka kesiswaan, waka kurikulum dan guru-guru ekstrakurikuler, lalu diserahkan kepada kepala yayasan untuk disetujui. Pengorganisasian dalam kegiatan ekstrakurikuler, seperti pembagian tugas dan kewajiban dilakukan dengan cara dipilih dan mengajukan diri sendiri oleh kepala madrasah, waka kesiswaan, waka kurikulum sesuai dengan kemampuan bidang kegiatan ekstrakurikuler masingmasing. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan di sore hari. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikurel untuk kegiatan tahfidz dilaksanakan di setiap pagi sebelum masuk kelas. Pengawasan kegiatan ekstrakurikuler dilakukan oleh guru ekstrakurikuler sesuai dengan kegiatan ekstrakurikuler masing-masing. Evaluasi yang dilakukan di MTs Ulumuddin dilakukan rutin setiap bulan sekali dengan cara guru ekstrakurikuler membuat laporan dan diserahkan kepada waka kesiswaan, dan hasil laporan tadi akan diberikan penilaian diakhir semester untuk siswa dan siswi di MTs Ulumuddin Samboja. 2) Faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler di MTs Ulumuddin Samboja. Faktor pendukung dari kegiatan ekstrakurikuler berupa dari sarana dan prasarana dikategorikan cukup, lalu untuk minat dan semangat dari siswa dan siswi dan guru selaku pembina atau pelatih dapat menguasi bidang kegiatan ekstrakurikuler yang telah ditentukan.Sedangkan untuk faktor penghambat dari kegiatan ekstrakurikuler dapat berasal dari siswa dan siswi yang memiliki keterlambatan pemahaman dan minat yang kurang, kemudian masih ada alat-alat yang kurang memadai, dan faktor cuaca.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectManajemen, Kegiatan Ekstrakurikuleren_US
dc.titleManajemen Kegiatan Ekstrakurikuler di MTs Ulumuddin Sambojaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record