Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Harga Dan Keamanan Pengiriman Terhadap Kepuasan Pelanggan Muslim Pada Jasa Pengiriman Sicepat Ekspres Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Dewi Pertiwi, 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Harga Dan Keamanan Pengiriman Terhadap Kepuasan Pelanggan Muslim Pada Jasa Pengiriman Sicepat Ekspres Samarinda” Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Fitria Rahmah, S.E.I., M.A dan Bapak Muhammad Hasbi, S.HI., M.E.
Pada era modern ini perkembangan teknologi dan informasi dalam bidang jasa, mendorong hal tersebut untuk tersedianya pemenuhan kebutuhan masyarakat. Masyarakat telah mengenal betapa pentingnya suatu pengiriman barang, informasi dan dokumen. Sehingga saat ini Banyak perusahaan yang menyediakan jasa pengiriman barang. Jasa pengiriman barang mempunyai peran penting bagi E-Commerce dalam menopang perkembangan pasar karena konsumen ingin mendapatkan produk mereka secara cepat. Maka dari itu, pentingnya kepuasan pelanggan bagi perusahaan yang bergerak dibidang jasa. kepuasan Pelanggan bias dibangun melalui kualitas pelayanan, harga, promosi, dan keamanan pengiriman. Hal ini menjadi salah satu kunci pelanggan memberikan kepercayaan pada jasa pengirimannya. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, promosi, harga dan keamanan pengiriman berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan SiCepat Ekspres.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Objek penelitian ini adalah konsumen muslim pada jasa pengiriman SiCepat Ekspres Samarinda. Populasi penelitian ini adalah pelanggan Jasa pengiriman Sicepat ekspres Samarinda. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden dengan metode purposive sampling. Data yang dipakai pada penelitian ini data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan keamanan pengiriman secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada jasa pengiriman SiCepat Ekspres Samarinda. Sedangkan promosi dan harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada jasa pengiriman SiCepat Ekspres Samarinda. Secara simultan kualitas pelayanan, promosi, harga dan keamanan pengiriman berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada jasa pengiriman SiCepat Ekspres Samarinda.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Promosi, Harga, keamanan Pengiriman dan Kepuasan Pelanggan