Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Seni Budaya dan Prakarya(SBDP) Pada Peserta Didik di Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdlatul Ulama 003 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Tantri Safitri, 2024. “Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Seni Budaya dan Prakarya(SBDP) Pada Peserta Didik di Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdlatul Ulama 003 Samarinda “. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Robingatin, M. Ag sebagai pembimbing I dan Firnanda Pradana Putra, M. Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang pada penelitian ini hasil belajar peserta didik kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdlatul Ulama 003 Samarinda pada muatan seni budaya dan prakarya yang tidak maksimal. Didalam penelitian ini menggunakan variabel bebas yaitu minat belajar dan variabel terikat yaitu hasil belajar seni budaya dan prakarya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada seni budaya dan prakarya (SBdP) di kelas 3 MI Ma’arif NU 003 Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 3 di MI Ma’arif NU 003 Samarinda yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas A, B dan C dengan jumlah keseluruhan sebanyak 120 orang. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling (pengambilan sampel secara sengaja dengan syarat) maka sampel yang dipilih yaitu kelas 3A dengan jumlah 38 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teknik keabsahan data dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Adapun teknik analisis data dalam penelitian menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji korelasi pearson, dan uji-t.
Hasil penelitian ini menggunakan uji relibilitas menunjukkan bahwa angket dapat dikatakan reliabel yang dihitung melalui SPSS (Statistic Package for Social Science) versi 25 dengan rumus Cronbach’s Alpha. Adapun uji normalitas menggunakan rumus Lilliefors nilai Sig. 0,102 ˃ 0,05, maka data dikatakan berdistribusi normal. Pada uji linieritas menunjukkan nilai Sig. 0,905 ˃ 0,05, maka data memiliki hubungan yang linier. Dalam uji korelasi menunjukkan nilai Sig. (two tailed) 0,226 atau 23,1 ˃ 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa 𝐻0= diterima atau menunjukkan bahwa hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 003 Samarinda yaitu sedang.