View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Perbankan Syariah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Perbankan Syariah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Penerapan Manajemen Risiko Terhadap Prinsip Mengenal Nasabah (Know Your Customer) Pada Bank Syariah Indonesia KC Samarinda Antasari

Thumbnail
View/Open
Nanda Rhafiagna.docx (16.02Kb)
Date
2022-09-28
Author
Rhafiagna, Nanda
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Nanda Rhafiagna, 2022. “Penerapan Manajemen Risiko Terhadap Prinsip Mengenal Nasabah (Know Your Customer) Pada Bank Syariah Indonesia KC Samarinda Antasari”. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Dr. H. Shafa, S.Pd.I., M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Ibu Hj. Kokom Komariah, SP., M.Si selaku dosen pembimbing 2. Latar belakang penelitian ini adalah Penerapan prinsip mengenal nasabah yang merupakan salah satu cara untuk mencegah agar sistem perbankan tidak digunakan sebagai tindak kejahatan, baik yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung oleh pelaku kejahatan. Oleh karena itu, bank diwajibkan untuk menerapkan Penerapan Manajemen Risiko terhadap Prinsip Mengenal Nasabah yang terdiri dari kebijakan dan prosedur penerimaan dan identifikasi nasabah, pemantauan rekening nasabah, pemantauan transakasi nasabah serta pengendalian internal. Berdasarkan uraian latar belakang diatas maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana penerapan manajemen risiko terhadap prinsip mengenal nasabah (know your customer) pada Bank Syariah Indonesia KC Samarinda Antasari?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan manajemen risiko terhadap prinsip mengenal nasabah (know your customer) pada Bank Syariah Indonesia KC Samarinda Antasari. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deksriptif dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Dengan sumber data primer dan sekunder. Objek penelitian ini adalah Bank Syariah Indonesia KC Samarinda Antasari. Hasil penelitian yang peneliti dapatkan dalam proses penerapan manajemen risiko terhadap prinsip mengenal nasabah sudah sesuai dengan tahapantahapan prosedur penerapan manajemen risiko yaitu, idetifikasi risiko, pengukuran risiko, pemantauan risiko, dan pengendalian risiko. Kemudian dari pada itu BSI KC Samarinda Antsari dalam proses mengenali nasabah juga sudah sesuai dengan tahapan-tahapan prosedur prinsip mengenal nasabah (Know Your Customer). BSI KC Samarinda Antasari telah menerapkan Prinsip Kehati-hatian dalam penerimaan calon nasabah, pengelompokan calon nasabah, tracking transaksi nasabah (monitoring transaksi nasabah), dan pengendalian internal. Kata Kunci: Penerapan Manajemen Risiko, Prinsip Mengenal Nasabah
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4396
Collections
  • E-Skripsi - Perbankan Syariah [308]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV