Show simple item record

dc.contributor.authorRhafiagna, Nanda
dc.date.accessioned2024-06-10T03:20:28Z
dc.date.available2024-06-10T03:20:28Z
dc.date.issued2022-09-28
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4396
dc.description.abstractABSTRAK Nanda Rhafiagna, 2022. “Penerapan Manajemen Risiko Terhadap Prinsip Mengenal Nasabah (Know Your Customer) Pada Bank Syariah Indonesia KC Samarinda Antasari”. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Dr. H. Shafa, S.Pd.I., M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Ibu Hj. Kokom Komariah, SP., M.Si selaku dosen pembimbing 2. Latar belakang penelitian ini adalah Penerapan prinsip mengenal nasabah yang merupakan salah satu cara untuk mencegah agar sistem perbankan tidak digunakan sebagai tindak kejahatan, baik yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung oleh pelaku kejahatan. Oleh karena itu, bank diwajibkan untuk menerapkan Penerapan Manajemen Risiko terhadap Prinsip Mengenal Nasabah yang terdiri dari kebijakan dan prosedur penerimaan dan identifikasi nasabah, pemantauan rekening nasabah, pemantauan transakasi nasabah serta pengendalian internal. Berdasarkan uraian latar belakang diatas maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana penerapan manajemen risiko terhadap prinsip mengenal nasabah (know your customer) pada Bank Syariah Indonesia KC Samarinda Antasari?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan manajemen risiko terhadap prinsip mengenal nasabah (know your customer) pada Bank Syariah Indonesia KC Samarinda Antasari. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deksriptif dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Dengan sumber data primer dan sekunder. Objek penelitian ini adalah Bank Syariah Indonesia KC Samarinda Antasari. Hasil penelitian yang peneliti dapatkan dalam proses penerapan manajemen risiko terhadap prinsip mengenal nasabah sudah sesuai dengan tahapantahapan prosedur penerapan manajemen risiko yaitu, idetifikasi risiko, pengukuran risiko, pemantauan risiko, dan pengendalian risiko. Kemudian dari pada itu BSI KC Samarinda Antsari dalam proses mengenali nasabah juga sudah sesuai dengan tahapan-tahapan prosedur prinsip mengenal nasabah (Know Your Customer). BSI KC Samarinda Antasari telah menerapkan Prinsip Kehati-hatian dalam penerimaan calon nasabah, pengelompokan calon nasabah, tracking transaksi nasabah (monitoring transaksi nasabah), dan pengendalian internal. Kata Kunci: Penerapan Manajemen Risiko, Prinsip Mengenal Nasabahen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPenerapan Manajemen Risiko, Prinsip Mengenal Nasabahen_US
dc.titlePenerapan Manajemen Risiko Terhadap Prinsip Mengenal Nasabah (Know Your Customer) Pada Bank Syariah Indonesia KC Samarinda Antasarien_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record