Pengaruh Harga, Fasilitas, Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Transportasi Kapal Feri Pelabuhan Tungkap Sangkulirang
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Alief Tezzar Fahriyamada. 2023. Pengaruh Harga, Fasilitas, Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Transportasi Kapal Feri Pelabuhan Tungkap Sangkulirang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Tikawati S.E.I, M.Si dan Ahmad Syarif , S.E.I, M.Sc.
Geliat ekonomi yang terus tumbuh hingga ke pedesaan baik dari hasil perikanan, wisata maupun perkebunan sawit menjadi cerminan perputaran ekonomi di Kabupaten Kutim khususnya daerah Tungkap, Sangkulirang. Sebagai kawasan kepulauan, transportasi air seperti kapal atau feri menjadi andalan dalam memenuhi kebutuhan transportasi baik untuk para warga maupun pelaku bisnis di daerah setempat. Maka dari itu sangat dibutuhkan promosi untuk menarik minat konsumen, terlebih lagi harga yang ditawarkan ramah di kantong, fasilitas yang memadai dan pelayanan yang baik tentunya akan memberikan kepuasan bagi pelanggan sehingga akan tercipta kesetiaan atau loyalitas dalam diri pelanggan untuk selalu berlangganan dengan jasa penyeberangan yang ada.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan lapangan (field research). Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh konsumen yang pernah melakukan penyebrangan di pelabuhan Feri Tungkap, Sangkulirang. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan sampel sebanyak 97 responden menggunakan perhitungan rumus Cochran. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang disebar secara langsung dan melalui google form. Teknik analisis data yakni uji instrument, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji t (parsial) diketahui bahwa harga (X1) tidak berpengaruh terhadap kepuasan, fasilitas (X2) dan promosi (X3) berpengaruh terhadap kepuasan dan kualitas layanan (X4) tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan secara simultan seluruh variabel yakni harga (X1), fasilitas (X2), promosi (X3) dan kualitas layanan (X4) dinyatakan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna jasa transportasi penyebrangan kapal feri pelabuhan tungkap Sangkulirang sebesar 46,9% sedangkan sisanya seesar 53,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Harga, Fasilitas, Promosi, Kualitas Layanan dan Kepuasan