Kesiapan Guru Seni Rupa Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Ar Rahmah Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nur Jum’ah, 2024. Kesiapan Guru Seni Rupa Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Ar Rahmah Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Gianto, M.Pd.I dan Bapak Saipul Hadi, M.Pd.I.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Madrasah Ibtidaiyah Ar Rahmah Samarinda yang menerapkan kurikulum baru pada tahun ajaran baru yakni kurikulum merdeka. Maka semua guru mata pelajaran agar dapat menyesuaikan dengan kurikulum tersebut, termasuk guru mata pelajaran seni rupa karena kurikulum banyak terjadi perubahan dari perangkat ajar yang sebelumnya silabus dan rpp kini menjadi capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran dan modul ajar, serta teknologi yang banyak digunakan oleh guru di MI Ar Rahmah tersebut, terutama pada guru seni rupa yang harus melakukan penyesuaian pada perangkat ajar yang sesuai perkembangan teknologi saat ini. Oleh karena itu, peneliti tertarik melakukan tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kesiapan guru seni rupa dalam penerapan kurikulum merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Ar Rahmah Samarinda.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan penelitian kualitatif, dengan sumber data kepala madrasah, waka kurikulum, dan guru seni rupa kelas 1,2, dan 5. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun Teknik keabsahan data ketekunan dalam pengamatan dan memakai teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru seni rupa dalam penerapan kurikulum merdeka di madrasah ibtidaiyah ar rahmah samarinda, terwujud dalam 1) Pemahaman konsep kurikulum merdeka dimadrasah tersebut telah dilakukan dengan baik karena guru-guru telah mengikuti platform merdeka belajar, sosialisasi dari pemerintah dan sekolah itu sendiri.2) Perangkat pembelajaran dalam kurikulum merdeka di madrasah ibtidaiyah ar rahmah samarinda guru seni rupa kelas satu dan lima siap dalam perangkat ajar, bahan ajar dan alat medianya. Guru seni rupa kelas dua belum siap terkait perangkat ajarnya yang tidak selaras dalam penerapannya.3) Penerapan pembelajaran dalam kurikulum merdeka di madrasah ibtidiyah ar rahmah samarinda, perencanaan, pelaksanaaan dan evaluasi guru seni rupa kelas satu cukup siap, guru seni rupa kelas dua belum siap, guru seni rupa kelas lima siap.