Efektivitas Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VI di SDN 020 Loa Janan
Abstract
ABSTRAK
Sri Wahyuni Ananda Rusy. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VI di SDN 020 Loa Janan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Pembimbing I: Marniati Kadir, M. Pd. Pembimbing II: Maulida Ulfa Hidayah, M. Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh mata pelajaran matematika yang sering dianggap sebagai subjek yang rentan pada sebagian besar siswa, dan kurangnya minat belajar serta pemahaman rendah terhadap konsep matematika menjadi hambatan-hambatan dalam pencapaian kompetensi akademik. Model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat memberikan kesempatan siswa untuk mengasah kemampuan berfikir dalam membuat dan menjawab pertanyaan yang sesuai dengan materi yang telah disampaikan sehingga efektif terhadap hasil dan minat belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Keefektifan model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI di SDN 020 Loa Janan. 2) Keefektifan model pembelajaran snowball throwing efektif terhadap minat belajar matematika siswa kelas VI di SDN 020 Loa Janan. 3) Keefektifan model pembelajaran snowball throwing efektif terhadap hasil belajar dan minat belajar matematika siswa kelas VI di SDN 020 Loa Janan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan metode pra-eksperimen. Desain penelitian menggunakan one group pretest posttest desain dengan subjek penelitian siswa kelas VI SDN 020 Loa Janan sebanyak 23 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 020 Loa Janan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar kognitif, angket minat belajar, lembar observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menerapkan uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan daya pembeda. Teknik analisis data menggunakan uji paired sampel t-test dan uji manova.
Hasil penelitian diperoleh 1) Model pembelajaran snowball throwing efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI di SDN 020 Loa Janan pada materi bangun ruang pada signifikansi 0,05 diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05. Peningkatan hasil belajar siswa didapat dari nilai n-gain sebesar 0,6 dengan kategori sedang. 2) Model pembelajaran snowball throwing efektif terhadap minat belajar matematika siswa kelas VI di SDN 020 Loa Janan pada materi bangun ruang pada signifikansi 0,05 diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05. Peningkatan minat belajar siswa didapat dari nilai n-gain sebesar 0,27 dengan kategori rendah. 3) Model pembelajaran snowball throwing efektif terhadap hasil belajar dan minat belajar matematika siswa kelas VI di SDN 020 Loa Janan pada materi bangun ruang pada signifikansi 0,05 diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 pada hasil belajarnya dan nilai sig. 0,004 < 0,05 pada minat belajarnya.