Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Nilainilai Karakter Peserta didik di MTs Nurul Islam Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Mardhiyah, 2024. “Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Nilainilai Karakter Peserta didik di MTs Nurul Islam Samarinda”. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Peneliti ini dibimbing oleh Dr. Muchammad Eka Mahmud, M.Ag Selaku Pembimbing I dan Dr. H. Ahmad Ridani, M.M Selaku Pembimbing II.
Penelitian ini memiliki latar belakang yang melihat bahwa MTs Nurul Islam Samarinda sebagai lembaga pendidikan Islam bertujuan tidak hanya mentransfer ilmu secara akademis, tetapi juga membentuk karakter dan akhlak yang kuat. Dengan adanya hal tersebut tentunya tidak lepas dari peran kesiswaan dalam menerapkan kebijakan dalam meningkatkan karakter peserta didik di madrasah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kesiswaan dalam meningkatkan nilai-nilai karakter peserta didik di MTs Nurul Islam Samarinda serta faktor pendukung dan penghambatnya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dicapai melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu.
Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah 1) Analisis kebutuhan peserta didik dilakukan untuk merencanakan jumlah peserta didik yang akan diterima dan menyusun program-program yang mendukung pengembangan karakter peserta didik. 2) Proses rekrutmen dirancang agar transparan dan efisien, termasuk penyaringan administratif dan akademis seperti nilai rapor, serta tes mengaji dan shalat. Tes-tes ini menekankan nilai-nilai karakter seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan integritas. Terlepas dari berbagai tes tersebut, semua siswa diterima. 3) Orientasi memperkenalkan lingkungan dan peraturan madrasah, menanamkan nilai-nilai karakter dan pemahaman agama dengan sistem penilaian dan penghargaan untuk memotivasi kepatuhan dan perilaku yang baik. 4) Pengelompokan peserta didik dilakukan secara adil atau setara, meskipun ada pengecualian untuk program Tahfidz. 5) Pembinaan dan pengembangan dilakukan melalui berbagai kegiatan keagamaan dan ekstrakurikuler, serta penerapan tata tertib yang baik. 6) Pencatatan data peserta didik disertai dengan catatan nilai dan pembentukan karakter dalam pelaporan hasil belajar. 7) Kelulusan meliputi persyaratan pencapaian nilai di atas KKM, serta menyelesaikan hafalan dan persyaratan lainnya, dengan dukungan bimbingan dari guru dan motivasi dari cerita alumni. Faktor pendukung utama meliputi lingkungan madrasah yang kondusif, keterlibatan guru yang aktif, semangat belajar dan budaya madrasah, meskipun ada kendala seperti keterlibatan orang tua, kurangnya disiplin, serta pengaruh lingkungan pergaulan yang tidak selalu mendukung dan keterbatasan sarana dan prasarana. Dengan demikian, jelaslah bahwa kesiswaan menunjukkan hasil yang positif melalui perencanaan yang sistematis, rekrutmen dan seleksi, orientasi, pembagian kelas, dan pembinaan, pencatatan dan pelaporan serta kelulusan dan alumni dengan menekankan pada nilai-nilai karakter peserta didik