dc.description.abstract | ABSTRAK
Puspita Sari, 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Autoplay Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Peserta Didik di Mi Ar-Raudhah Samarinda”. Skripsi Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Husni Idris, M.Pd dan Bapak Muhammad Agil, M.Sc.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi yang semakin pesat dan berdampak besar pada kemajuan dibidang pendidikan. Berbagai perlengkapan dan fasilitas pendidikan tidak lepas dari teknologi yang secara tidak langsung turut berkontribusi terhadap optimalisasi proses belajar mengajar. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan software merupakan salah satu media pembelajaran yang memanfaaatkan teknologi informasi dan komunikasi memiliki peran penting dalam meningkatkan pemahaman belajar dan motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, saat pembelajaran IPS di MI Ar-Raudhah Samarinda guru hanya menggunakan media pembelajaran buku cetak dan gambar. Hal ini membuat banyak peserta didik yang kelihatan kurang bersemangat, cenderung asik sendiri dan juga mengantuk. Oleh sebab itu peneliti menawarkan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Autoplay agar dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan membangkitkan motivasi belajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran berbasis Autoplay dan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis Autoplay untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di MI ArRaudhah Samarinda.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Model desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian dan pengembangan Borg & Gall yang memiliki 10 tahapan. Akan tetapi disederhanakan berdasarkan kebutuhan peneliti menjadi 8 tahapan. Jenis data dari penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa informasi mengenai masukan dan saran, sedangkan data kuantitatif berupa data numerik. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi dan penyebaran angket kepada ahli media untuk menentukan tingkat kelayakan produk kemudia untuk melihat peningkatan motivasi belajar dilakukan penyebaran angket kepada peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di MI Ar-Raudhah Samarinda pada kelas VB dengan jumlah siswa 27 orang.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa produkmedia pembelajaran Autoplay memiliki tingkat kelayakan produk dari ahli media sebesar 91% dan ahli materi sebesar 84%, sehingga masuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan. Kemudian dengan penggunaan media pembelajaran berbasis Autoplay peserta didik mengalami peningkatan motivasi belajar sebesar 68%, sehingga cukup efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. | en_US |