Strategi Kepala Madrasah untuk Meningkatkan Penguasaan E-learning Guru di Madrasah Tsanawiyah At-Taqwa Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Lita Nur Sapitri, 2024. “Strategi Kepala Madrasah untuk Meningkatkan Penguasaan E-learning Guru di Madrasah Tsanawiyah At-Taqwa Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian dibimbing oleh Ibu Dr. Siti Julaiha, S. Ag, M. Pd selaku pembimbing I dan Bapak Dr. Muhammad Sali, M. Pd. selaku pembimbing II
Kata Kunci: Strategi Kepala Madrasah, Penguasaan E-learning guru.
Latar belakang penelitian ini adalah melihat MTs At-Taqwa yang memilih menggunakan media e-learning sampai saat ini walaupun terdapat beberapa factor penghambat pada guru untuk dapat mengaplikasikan media e-learning tersebut. Maka dari itu kepala madrasah harus memiliki strategi untuk meningkatkan penguasaan e-learning pada guru di MTs At-Taqwa Samarinda. Kepala madrasah memiliki strategi agar media e-learning dapat terus di jalankan dengan melakukan bimtek yang mana dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan penguasaan guru terhadap e-learning. Hal itu dilakukan untuk mencapai tujuan yang di harapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi kepala madrasah untuk meningkatkan penguasaan e-learning guru di MTs At-Taqwa Samarinda.
Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah kepala madrasah, guru, dan murid di MTs At-Taqwa Samarinda. Analisis data yang digunakan adalah model Miles, Huberman dan Saldana dengan model interaktif yang meliputi Data Condentation, Data Display, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data berdasarkan tringulasi sumber, tringulasi metode, dan tringulasi waktu.
Adapun hasil penelitian sebagai berikut: Rumusan atau perencanaan strategi kepala madrasah untuk meningkatkan penguasaan e-learning guru, yang pertama dipersiapkan oleh kepala madrasah seperti menyiapkan platfrom aplikasi yang sudah di rancang oleh kemenag, dan menyediakan jaringan internet yang stabil. Implementasi atau penerapan strategi kepala madrasah untuk meningkatkan penguasaan e-learning guru dengan cara kepala madrasah mengadakan bimtek untuk meningkatkan penguasaan guru terhadap media e-learning, dan sebagai monitoring kepala sekolah mengontrol jalannya server yang di gunakan oleh siswa dan guru. Evaluasi, dilakukan untuk mengetahui ketercapaian strategi kepala madrasah dalam meningkatkan penguasaan e-learning yang telah dijalankan oleh guru di MTs At-Taqwa Samarinda, faktor pendukung meliputi ketersediaan sarana dan prasarana dalam media e-learning. Sedangkan untuk faktor penghambat seperti terbatasnya penggunaan Wifi, bantuan kuota internet dan jaringan yang stabil.