Sistem Informasi Manajemen Layanan Akademik di SMK TI Airlangga Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Alifia Setiyorini, 2024. “Sistem Informasi Manajemen Layanan Akademik di SMK TI Airlangga Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Ibu Siti Julaiha, S. Ag, M, Pd selaku pembimbing I dan Ibu Anggie Nadia Dinihari, M. Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keunggulan teknologi informasi yang ada pada SMK TI Airlangga yang terbukti dengan pencapaian peringkat Akreditasi A dalam program keahlian yaitu Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia, dan Teknik Komputer Jaringan. Penggunaan teknologi dalam sistem informasi manajemen layanan akademik tentunya harus didukung dengan fasilitas dan kemampuan sebuah sekolah agar dapat menjalankan sistem tersebut dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti tertarik dan melakukan penelitian dengan judul Sistem Informasi Manajemen Layanan Akademik di SMK TI Airlangga Samarinda. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sistem informasi manajemen layanan akademik di SMK TI Airlangga Samarinda dan kelebihan serta kekurangan pada penerapan sistem informasi mamajemen layanan akademik di SMK TI Airlangga Samarinda.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Operator Layanan Akademik, Siswa, dan Guru di SMK TI Airlangga Samarinda. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah analisis model Miles dan Hubberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data penelitian ini yaitu menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian pada skripsi ini menunjukan bahwa sistem informasi manajemen layanan akademik khususnya pada proses pembelajaran di sekolah menggunakan sistem Learning Management System (LMS) Lentera atau disingkat LMS Lentera. Sistem informasi ini dikordinasi oleh operator layanan akademik. LMS Lentera digunakan untuk tugas akhir atau ujian. Adapun hasil dari penelitian ini memiliki pembahasan sebagai berikut: 1. Sistem Informasi Manajemen, sistem yang digunakan adalah LMS (Lentera). 2. Sistem Informasi Manajemen Layanan Akademik,mencangkup ke 5 dimensi layanan akademik yaitu Tangible (Bukti Nyata), Reliability (Keandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), Empathy (Empati). 3. Kelebihan dan kekurangan, adapun kelebihannya adalah berkurangnya pemakaian kertas, pekerjaan, waktu, dan biaya jadi lebih efektif dan efesien sedangkan kekurangnnya ada pada jaringan wifi sekolah yang lambat saat menggunakan sistem. Sistem ini dikembangkan oleh yayasan Airlangga dan masih dalam proses pengembangan yang diuji cobakan di SMK TI Airlangga Samarinda. Inovasi masih terus dilakukan agar sistem ini bisa digunakan tidak hanya untuk ujian tetapi juga dalam proses pembelajaran lainnya.