Peran Organisasi Internal Mahasiswa Dalam meningkatkan Soft Skills Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UINSI Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Arif Fadillah, 2024. “Peran Organisasi Internal Mahasiswa Dalam meningkatkan Soft Skills Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UINSI Samarinda”. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendiidkan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Univeristas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Husni Idris,S.Ag, M.Pd dan Ibu Anggie Nadia Dinihari M, Pd.
Latar belakang penelitian ini ialah agar dapat melihat bagaimana organisasi internal Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki mahasiswa yang mana dapat dimanfaatkan dalam proses adaptasi dengan dunia kerja nantinya. Selanjutnya ialah ingin melihat faktor apa saja yang mempengaruhi mahasiswa untuk aktif dalam berorganisasi. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk (1) mendeskripsikan strategi organisasi Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan dalam meningkatkan soft skills mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (2) mendeskripsikan faktor apa yang mempengaruhi mahsiswa untuk aktif dalam berorganisasi.
Jenis Penelitian yang digunakan peneliti yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah Dekan Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan 3 bidang Kemahasiswaan dan Alumni, ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, BPH, dan anggota Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana, yaitu kondensasasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan dalam meningkatkan soft skills mahasiswa berupa partisipasi dan keterlibatan langsung, melalui keterlibatan dan pemberian kepercayaan didalam kepanitian program kerja, dan rapat-rapat kegiatan atau program kerja organisasi. Selain daripada itu, penanaman karakter juga menjadi strategi yang dijalankan oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan seperti tanggung jawab, disiplin, inisiatif dan percaya diri dalam proses pelaksanaan program kerja organisasi. (2) faktor yang mempengaruhi mahsiswa untuk aktif dalam berorganisasi dapat dijabarkan menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu hal yang mempengaruhi keputusan mahasiswa untuk aktif beroganisasi dari diri individu, sedangkan faktor eksternal yaitu faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa untuk aktif beroganisasi dari luar diri individu.