Manajemen Pembelajaran Berbasis Informasi danTeknologi dalam meningkatkan Hard Skill dan Life Skill di SMAPlus Melati Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Yudiansyah. 2024. “Manajemen Pembelajaran Berbasis Informasi dan Teknologi dalam meningkatkan Hard Skill dan Life Skill di SMA Plus Melati Samarinda”. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Univesitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penulis Skripsi dibimbing oleh Dr. Husni Idris, M.Pd., Selaku Pembimbing I dan Viana Teti Aggraeni, M.Pd.I., Selaku Pembimbing II.
Latar belakang peneltian ini membahas tentang Manajeman Pembelajaran Berbasis Informasi dan Teknologi Dalam Meningkatkan Hard Skill dan Life Skill di SMA Plus Melati Samarinda. Sekolah yang mempunyai program pembelajaran berbasis informasi dan teknologi dalam meningkatkan hard skill dan life skill yang merupakan sebuah faktor penting untuk terus menerus berkembang secara beriringan di dalam sebuah lembaga pendidikan. Penerapan pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi ini memberikan suatu pengembanggan tersendiri dari pembelajaran lainnya. Selain itu juga pembelajaran informasi teknologi komunikasi ini memberikan kemudahan pula untuk para guru-gurudalam berposes belajar mengajar salah satu yang digunakan saat ini di SMA plus Melati Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan menajeman pembelajaran berbasisi informasi dan teknologi dalam meningkatkan hardskill dan life skil. Selain itu juga mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat. Berkenaan dengan hal tersebut, maka uraian dalam skripsi ini berangkat dari masalah bagaimana Manajemen Pembelajaran Berbasis Informasi dan Teknologi dalam Meningkatkan Hard Skill dan Life Skill di SMA Plus Melati Samarinda.
Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif, dengan menekankanpendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitianini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan Miles, Hubermen dan saldana yaitu, kondensasi data, penyajiandata, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dalam penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Lokasi penelitiannya adalah SMA Plus Melati Samarinda.
Hasil penelitian Manajeman Pembelajaran Berbasis informasi dan Teknologi dalam meningkatkan hard skill dan life skil di SMA Plus Melati Samarinda. Menyusun rencana untuk mencapai tujuan melalui pemanfaatan pembelajaran berbasis informasi dan teknologi, kemudian menerapkan program keterampilan dalam meningkatkan hard skill agar dapat mengetahui perkembangan melalui latihan. Kemudian pelaksanaan manajemen pembelajaran berbasis teknologi dan informasi dalam membantu proses peningkatan life skill serta mendorong kedisiplinan dan kemandirian, selain itu juga guru dapat mengintegrasikan unsur pebelajaran berbasis informasi dan teknologi untuk mencapai pengalaman pendidikyang lebih interaktif. faktor pendukung peningkatan pengelolaan pembelajaran berbasis informasi dan teknologi antara lain dukungan kepala sekolah, motivasi guru, sarana dan prasarana yang memadai dan partisipasi guru dalam pembelajaran dan Faktor penghambat seperti siswa yang kurang aktif, keterbatasan media praktek dan faktor jaringan internet yang belum memadai.