Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujahidin Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Feren Amanda Monica. 1711306064. “Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujahidin Samarinda”, 2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, penelitian ini dibawah bimbingan, Drs. Khairul saleh, M. Ag sebagai pembimbing I dan Ibu Siti Nasiah, M.Pd sebagai pembimbing II.
Mendidik karakter telah menjadi salah satu tujuan yang mulia bagi bangsa Indonesia, selain tujuan untuk meningkatkan kecerdasan hidup bangsa, juga sebagai pembentuk moral yang baik. Dalam Peraturan Presiden dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, setiap peserta didik diharapkan memiliki lima nilai karakter yang tinggi, yakni karakter religius, nasionalis, kemandirian, gotong royong, dan integritas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki peningkatan pendidikan karakter religius di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujahidin Samarinda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan karakter peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujahidin Samarinda dilakukan melalui beberapa cara. Pertama, penguatan karakter religius dilakukan melalui kegiatan seperti sholat berjamaah, pembacaan doa sebelum belajar, ratib, dan istighosah bersama, serta peringatan hari besar agama. Selain itu, juga dilakukan dengan menjaga kebersihan, memanfaatkan lingkungan dengan bijak, dan menggunakan barang bekas. Kedua, penguatan pendidikan karakter dilakukan melalui tiga model, yaitu berbasis kelas, budaya sekolah, dan program kegiatan.