dc.description.abstract | ABSTRAK
Haris Al Farizi, 2024 “Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru” skripsi, program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Ety Nurbayani, M.Pd, sebagai dosen pembimbing I dan bapak Dr. Rendicha, M.Pd sebagai dosen pembimbing II.
Hal yang melatar belakangin dari penelitian ini adalah guna untuk mengetahui bagaimana strategi kepala Madrasah dalam meningkatkan motivasi kinerja guru di Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda. Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda terletak di Jl. Kebun Raya Samarinda Rt. 08 Rimbawan, kel, Tanah Merah, kec, Samarinda Utara. Dalam hal strategi kepala Madrasah dalam meningkatkan motivasi kinerja guru, Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda yang memiliki kualitas dan komitmen miskipun latar belakangi dengan pendidikan yang tidak linear dengan tugas masih terdapat merangkap dalam bertugas
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Lokasi penelitian ini adalah Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda dengan narasumber Kepala Madrassh Aliyah, Waka kesiswaan, dan Guru pengajar. Hal yang diproleh dari penelitian ini adalah strategi kepala Madrasah dalam meningkatkan motivasi kinerja guru di Madrasah Aliyah an-Nur Samarinda yaitu kepala Madrasah telah merancang strategi dengan baik dan semaksimal mungkin sehingga dari beberapa hasil dari strategi tersebut telah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh kepala Madrasah dalam berbagai strategi penanaman disiplin, strategi pengawasan, stratgei kesejahteraan, strategi Team Work serta strategi keteladanan serta langkah-langkah yang digunakan untuk mempengaruhi, mengarahkan, menggerakkan serta memotivasi dalam meningkatkan kinerja guru, dengan tujuan utama untuk mencapai visi, misi serta tujuan Madrasah, dan kepala Madrasah menggunakan gaya demokrasi dalam menciptakan hasil kerja yang baik. | en_US |