View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Program Adiwiyata dalam Menubuhkan Karakter Peduli Lingkungan di MTs Negeri 2 Balikpapan

Thumbnail
View/Open
Khoir Itba Dyna.docx (15.47Kb)
Date
2024-05-16
Author
Dyna, Khoir Itba
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Khoir, Itba Dyna (NIM. 1711102023) “Implementasi Program Adiwiyata dalam Menubuhkan Karakter Peduli Lingkungan di MTs Negeri 2 Balikpapan”, 2024. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibawah bimbingan Bapak Prof. Dr. Zamroni, M.Pd sebagai pembimbing I dan Bapak Misbahul Fuad, M.Pd.I sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi program Adiwiyata dapat menumbuhkan karakter peduli lingkungan di MTs Negeri 2 Balikpapan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program Adiwiyata yang dilaksanakan di MTs Negeri 2 Balikpapan, serta mengetahui hambatan-hambatan yang terjadi saat melaksanakan kegiatan program Adiwiyata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan objek penelitian di MTs Negeri 2 Balikpapan. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pada penelitian ini yaitu implementasi Program Adiwiyata di MTs Negeri 2 Balikpapan telah berhasil meningkatkan karakter peduli lingkungan di antara siswa dan staf sekolah. Langkah-langkah yang mencakup kebijakan berwawasan lingkungan, kurikulum sekolah berbasis lingkungan, kegiatan partisipatif, dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan telah mengubah paradigma sekolah menjadi lebih peduli terhadap lingkungan. Hambatan dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan yaitu pelibatan siswa dan masyarakat, termasuk minimnya kesadaran lingkungan dan keterbatasan sumber daya.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4501
Collections
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam [333]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV