Discourse of Islamic Educational Philosophy on Islamic Educational Psychology in Islamic Education
Date
2024-06-01Author
Pranajaya, Syatria Adymas
Fadlilah, Fadlilah
Rijal, Syamsul
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penulisan wacana falsafah pendidikan Islam terhadap psikologi pendidikan Islam dalam pendidikan Islam adalah untuk menghuraikan secara kritis wacana kedua-dua kajian ilmiah ini dalam dunia pendidikan. Kaedah dalam kajian ini ialah kajian kepustakaan menggunakan data yang relevan dengan falsafah pendidikan, falsafah pendidikan Islam, dan psikologi pendidikan Islam. Teknik analisis dalam kajian ini ialah analisis tematik. Hasil kajian ini menunjukkan bahawa falsafah pendidikan Islam terhadap psikologi pendidikan Islam merupakan teras falsafah pendidikan yang memandang pendidikan sebagai proses memanusiakan pelajar sebagai individu atau kumpulan manusia yang meningkatkan potensi manusianya, agar mereka mampu berkembang dan mengaktualisasikan diri dengan segala potensi asalnya (fitrah) yang ada dalam dirinya secara psikologis. Nilai-nilai fitrah telah melekat pada pendidikan Islam, di antaranya pendidik dalam mendidik anak-anaknya harus mengutamakan falsafah kemanusiaan secara jasmani dan rohani, yaitu cinta (QS. Ali Imran: ayat 31, QS. al-Hujaraat: ayat 7, QS. at-Taubat: ayat 103 ), belas kasihan (Qs. ar-Rum: ayat 21, Qs. Maryam: 96, QS. al-An’am: 12 dan 54, QS. al-Hadid: 27), pengajaran yang baik (QS. Al-Ahzab : 21, QS. An-Nahl: 125, QS. Al-Mujadalah: 11, QS. at-Taubah: 122), silaturahim (QS. Az-Zukhruf: 67, QS.( Ali-Imran: 52 dan 104), menegakkan keadilan (QS. Luqman: 17, QS. an-Nisa: 135, QS. An-Nahl: 76, QS. Al-Maidah: 8), sentiasa berusaha untuk memperoleh kebaikan (QS. al-A’raf: 56, QS. .al-Isra’: 7, QS. al-Maidah: 100), sehingga dalam pendidikan terdapat komunikasi atau interaksi dua hala, bahkan multi-way atau transaksi (QS. al-Baqarah: 133, dan QS. as-Saffat: 102)
Collections
- Artikel Umum [155]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Manajemen Sumber Daya Manusia Sekolah Islam Terpadu Di Provinsi Xalimantan Timur (Studi Multi Situs Di SMP Islam Terpadu Cordova Samarinda, SMP Islam Terpadu Nurul Ilmi Tenggarong dan HMI Islam Terpadu Daarul Hikmah Boarding School Bontang
Susilowati, Dewi (MPI Pascasarjana UINSI Samarinda, 2022)Dewi susilowati, 2022. “Manajemen Sumber Daya Manusia Sekolah Islam Terpadu Di Provinsi Xalimantan Timur (Studi Multi Situs Di SMP Islam Terpadu Cordova Samarinda, SMP Islam Terpadu Nurul Ilmi Tenggarong dan HMI Islam ... -
Manajemen Sumber Daya Manusia Sekolah Islam Terpadu Di Provinsi Kalimantan Timur (Studi Multi Situs Di SMP Islam Terpadu Cordova Samarinda, SMP Islam Terpadu Nurul Ilmi Tenggarong dan SMP Islam Terpadu Daarul Hikmah Boarding School Bontang)
Susilowati, Dewi (UINSI Samarinda, 2022-12-08)ABSTRAK Dewi Susilowati, 2022. “Manajemen Sumber Daya Manusia Sekolah Islam Terpadu Di Provinsi Kalimantan Timur (Studi Multi Situs Di SMP Islam Terpadu Cordova Samarinda, SMP Islam Terpadu Nurul Ilmi Tenggarong dan SMP ... -
Implementasi Pembelajaran Sains Berbasis Kecerdasan Spiritual di Taman Kanak-kanak Islam Kota Samarinda : TK Islamic Center, TK Islam Ar Rajwaa dan TK Islam Kreatif Salsabila
Mutmainah, Ana Sulton (PIAUD Pascasarjana UINSI Samarinda, 2023-06)Ana Sulton Mutmainah, 2023 “Implementasi Pembelajaran Sains Berbasis Kecerdasan Spiritual di Taman Kanak-kanak Islam Kota Samarinda (TK Islamic Center, TK Islam Ar Rajwaa dan TK Islam Kreatif Salsabila)”. Tesis. Program ...