Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Layanan Digital, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopeefood (Studi Pada Generasi Z Muslim di Kota Samarinda).
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Rizky, 2024. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Layanan Digital, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopeefood (Studi Pada Generasi Z Muslim di Kota Samarinda). Skripsi, Jurusan Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Nurul Fadhilah, S.S.T., M. E dan Mahmud Al Chusairi, M E.
Pertumbuhan dan kemajuan teknologi dalam produktivitas, dan inovasi memberikan dampak yang besar pada cara individu berinteraksi dengan ekonomi sehari hari, Salah satu kemajuan teknologi adalah e-commerce, atau belanja online melalui media elektronik. E-commerce ini bermacam-macam jenisnya, khususnya shopee, lazada, tokopedia dan lain-lain, shopee menghadirkan bantuan barunya, khususnya ShopeeFood, yaitu bantuan untuk memesan makanan secara online dan merupakan salah satu tahap yang menawarkan jenis bantuan di bidang permintaan makanan secara online. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keputusan pembelian secara online, dengan menguji variabel harga, kualitas layanan digital, promosi dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi shopeefood pada generasi Z muslim di Samarinda.
Penelitian ini penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kota Samarinda yang pernah melakukan pembelian makanan di Aplikasi Shopeefood. Tetapi dalam penelitian ini masyarakat yang menggunakan aplikasi shopeefood tidak diketahui jumlahnya, maka untuk teknik pengambilan populasi menggunakan rumus Cochran dan untuk teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan jumlah 100 responden yang menjadi objek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisa yang dignakan adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga (X1), kualitas layanan digital (X2), promosi (X3) dan kepercayaan (X4) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Untuk pengujian uji simultan dikatakan bahwa variabel harga, kualitas layanan digital, promosi, dan kepercayaan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian di aplikasi shopeefood.
Kata Kunci : harga, kualitas layanan digital, promosi, kepercayaan, keputusan pembelian