Strategi Branding Image di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Shalihatul Mir’ati, 2024. Strategi Branding Image di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Muhammad Iwan Abdi, M.SI selaku dosen pembimbing I dan Dr. Siti Maulidah, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi madrasah yang memiliki image positif, banyak masyarakat atau calon peserta didik yang ingin bersekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda. Hal tersebut dapat dibuktikan pada saat penerimaan peserta didik baru, yang mana jumblah pendaftar melebihi kuota penerimaan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda. Berdasarkan penjelasan tersebut, peneliti ingin mengetahui strategi branding image yang diterapkan oleh Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data kepala madrasah, waka humas, waka kesiswaan dan waka kurikulum. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, branding dari Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda yaitu madrasah memiliki upaya dalam memajukan lembaga pendidikan dan memenuhi kebutuhan masyarakat dengan cara membentuk branding image sehingga dapat diterima oleh masyarakat. (1) Perencanaan atau bentuk startegi branding image yang dijalankan Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda adalah dengan konsisten dalam memposisikan brand (sekolah ramah anak, sekolah sehat, sekolah adiwiyata dan sekolah tahfidz) dari brand tersebut termasuk dalam strategi brand positioning yang menjadi pembeda dari lembaga pendidikan lainnya, strategi brand identity menggambarkan isi dari masing-masing brand agar dapat dikenal oleh pengguna jasa pendidikan dan strategi brand personality untuk menambah daya tarik pengguna jasa pendidikan dengan meningkatkan kualitas brand madrasah itu sendiri. (2) Pelaksanaan atau penerapan strategi branding image di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda, ialah melalui positioning dengan memposisikan brand madrasah agar dapat dikenal oleh masyarakat, memiliki brand values dengan memperkenalkan brand melalui media cetak atau elektronik dan memiliki konsep yang tepat dengan meningkatkan brand madrasah melalui prestasi peserta didik dengan cara pembinaan dan pembentukan karakter. (3) Evaluasi dari hasil penerapan strategi branding image di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda yaitu meningkatkan minat calon peserta didik baru, menciptakan lulusan yang berkualitas dan memberikan identitas bagi madrasah.