Hubungan Penggunaan Powerpoint Interaktif Berdasarkan Framework TPACK dengan minat siswa di SDN 006 Balikpapan Selatan
Abstract
ABSTRAK
Diah Adinda Thoyibatul Muslimah, 2024. “Hubungan Penggunaan Powerpoint Interaktif Berdasarkan Framework TPACK dengan minat siswa di SDN 006 Balikpapan Selatan”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Mujahidah, S.Psi, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Ibu Siti Nasiah, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini berfokus pada minat siswa di SDN 006 Balikpapan Selatan dalam pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dengan menggunakan powerpoint interaktif berdasarkan framework TPACK. Penggunaan alat bantu teknologi dalam pembelajaran sudah semestinya mulai dinormalisasikan untuk kegiatan belajar pada zaman ini. Namun, penggunaan teknologi saja tidak cukup untuk menunjang pembelajaran yang maksimal. Guru perlu menyelaraskannya dengan kemampuan pedagogik dan disertai materi ajar yang sesuai. Oleh karena itu, konsep kerangka kerja TPACK ini juga perlu di ikut sertakan dalam rancangan pembelajaran. Dalam hal ini, guru kelas VI di SDN 006 Balikpapan Selatan menggunakan powerpoint interaktif berdasarkan framework TPACK. Penggunaan teknologi berbasis TPACK ini diharapkan mampu menaikkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan powerpoint interaktif berdasarkan framework TPACK dengan minat siswa di SDN 006 Balikpapan Selatan.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas IV, V, dan VI SDN 006 Balikpapan Selatan yang berjumlah 270 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan melihat dari kesesuaian guru kelas dengan indikator variabel bebas. Melalui observasi pendahuluan, didapati sampel yang sesuai ialah kelas VI C dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, korelasi product moment, koefisien determinan, dan uji T.
Berdasarkan hasil analisis data, diketahui uji normalitas diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,20>0,05 yang menandakan bahwa data penelitian ini berdistribusi normal. Uji linearitas diperoleh hasil signifikansi sebesar 0,162>0,05 menandakan penelitian ini bersifat linear. Hasil analisis korelasi product moment adalah 0,77 yang berarti penelitian ini memiliki hubungan yang positif, yaitu semakin tinggi penggunaan PPT interaktif berdasarkan TPACK, maka semakin tinggi pula minat siswanya. Selain itu, nilai korelasi tersebut menandakan tingkat hubungan yang kuat antara kedua variabel. Uji koefisien determinan menunjukkan hasil 59,3%, yang menandakan bahwa penggunaan powerpoint interaktif berdasarkan framework TPACK memiliki hubungan sebesar 59,3% dengan minat siswa. Hasil uji T menunjukkan bahwa thitung>ttabel dengan angka 6,381>2,0481, sehingga Ha diterima. Maka, dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan penggunaan powerpoint interaktif berdasarkan framework TPACK dengan minat siswa di SDN 006 Balikpapan Selatan.