Show simple item record

dc.contributor.authorKhasanah, Dwi Nur
dc.date.accessioned2024-07-19T02:13:59Z
dc.date.available2024-07-19T02:13:59Z
dc.date.issued2024-06-19
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4517
dc.description.abstractABSTRAK Dwi Nur Khasanah, 2024. Efektifvitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Darud Da’wah Wal Irsyad Tani Aman Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah, Program Studi Pendidikan Guru Madasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Mujahidah, S.Ag., S.Psi, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Ibu Sunanik, M.Pd selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi dengan melihat pada keadaan minat siswa di MI DDI Tani Aman dengan kondisi yang kurang meningkat. Maka dari itu dengan adanya model PJBL diterapkan maka dari situlah bisa melihat minat siswa dimulai mereka mengerjakan proyek dengan sekreatif mungkin melalui ide-ide yang telah di rancang. Dengan begitu minat siswa akan meningkat karena model PJBL ini mengharuskan siswa tidak selalu terfokuskan pada materi yang ada pada buku saja tetapi lebih banyak mengeluarkan inovasi dari ide yang ada pada dirinya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa efektif model pembelajaran PJBL pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Darud Da’wah Wal Irsyad Tani Aman Samarinda. Penelitian ini memakai metode kuantitatif dan populasi penelitian ini ialah siswa kelas I sampai kelas VI di MI DDI Tani Aman Samarinda dengan jumlah 542 siswa. Sampelnya yaitu seluruh siswa kelas V dan kelas VI berjumlah 160 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, dan angket (kuisioner). Instrumen dalam penelitin ini di uji memakai uji validitas dan reliabilitas. Analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogen, uji hipotesis, uji F, dan uji N-Gain merupakan teknik analisis data dalam penelitian ini. Hasil analisis data dari uji analisis deskriptif dengan nilai mean dari minat belajar siswa yaitu 65.712 dan nilai mean dari PJBL yaitu 77.527. Uji normalitas memperoleh nilai signifikan 0.200 > 0.05 artinya data tersebut berdistribusi normal. Uji homogen diperoleh 0.112 > 0.05, karena nilai signifikasinya lebih besar dari 0.05 maka bisa disimpulkan bahwa data tersebut bersifat homogen. Uji T diperoleh sebesar 0.000 < 0.05 maka bisa disimpulkan “𝐻𝑎 diterima dan 𝐻0 ditolak”. Hasil dari uji F F-hitung > F-tabel dengan nilai 6.200 > 3.91 artinya secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa. Uji efektivitas di dapat hasil N-Gain score PJBL dengan nilai rata-rata sebesar 1.3015 masuk dalam kategori tinggi berdasarkan ketentuan dari indeks Gain Ternormalisasi, sedangkan untuk nilai rata-rata N-Gain persen PJBL sebesar 130.1546 yang menunjukkan bahwa masuk dalam kategori efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model PJBL efektif digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Minat Belajaren_US
dc.titleEfektifvitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Darud Da’wah Wal Irsyad Tani Aman Samarinda.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record