dc.description.abstract | ABSTRAK
Rita Mirnawati, 2024 “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahmah Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Lina Revilla Malik, M.Si selaku pembimbing I dan Dr. Khusnul Khotimah, M.Si selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan salah satu kegiatan yang dirancang dengan tujuan untuk memperkuat karakter profil siswa Pancasila di kalangan pelajar di Indonesia. Profil siswa Pancasila berperan sebagai acuan utama yang mengarahkan kebijakan pendidikan, termasuk menjadi rujukan bagi para pendidik dalam membangun karakter dan kompetensi peserta didik. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahmah Samarinda dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dari implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah ArRahmah Samarinda.
Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas IC, IVA, IVB, IVC, dan IVD di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahmah Samarinda. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu obsertvasi, wawancara dan dokumentasi. Menentukan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) perencanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahmah Samarinda melalui beberapa tahapan yaitu menyusun tim fasilitator, menentukan kesiapan satuan pendidikan, menentukan dimensi, tema dan alokasi waktu, menyususn modul projek, dan mengatur strategi pelaporan hasil projek; 2) pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahmah Samarinda berdasarkan hasil temuan dan pembahasan menyatakan sintaks mulai dari pengenalan projek, tahap kontekstualisasi dengan lingkungan sekitar, tahap aksi atau proses pelaksanaan, tahap refleksi dan tahap tindak lanjut. 3) evaluasi projek penguatan profil pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahmah Samarinda yaitu dalam bentuk rubrik penilaian tertulis; 4) faktor pendukung projek penguatan profil pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahmah Samarinda yaitu banyaknya media informasi yang mudah di akses untuk mendalami kurikulum merdeka, sarana dan prasarana sekolah yang memadai, dukungan dari segala pihak, bahan baku P5 mudah didapatkan; 5) faktor penghambat projek penguatan profil pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahmah Samarinda yaitu kurangnya pemahaman guru terkait kurikulum merdeka, dan belum meratanya semangat dan motivasi guru dalam mempelajari kurikulum merdeka. | en_US |