Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Pop-up Book Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika MI At-Taqwa Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Desinta Maharani, 2024 “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Pop-up Book Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika MI At-Taqwa Samarinda”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Khairul Saleh, M.Ag., sebagai Dosen Pembimbing I dan Ibu Rabiatul Adawiyah, M.Pd., sebagai Dosen Pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran matematika yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Apabila dikaitkan dengan tugas seorang guru, guru seharusnya dapat menyajikan materi dengan menarik dan bervariasi sehingga akan tercipta pembelajaran yang berkualitas, bermakna sesuai dengan kebutuhan, dan tujuan pembelajaran akan mudah tercapai. Penggunaan media pembelajaran diharapkan mampu membuat peserta didik tertarik dalam mempelajari materi yang akan disajikan, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini merupakan Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I MI At-Taqwa Samarinda yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas I A, I B, dan I C yang jumlahnya mencapai 84 siswa dan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas I A sebagai kelas kontrol sebanyak 28 siswa dan kelas I B sebagai kelas eksperimen sebanyak 28 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent control group design dengan melibatkan dua kelompok, yakni kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dan uji N- Gain.
Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar matematika pada siswa kelas I MI At-Taqwa Samarinda pada kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 70,89 dan hasil belajar matematika kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran popup book diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 83,03. Dari hasil perhitungan N-Gain kelas eksperimen dengan penggunaan media pembelajaran pop-up book yaitu sebesar 0,47 dengan kategori sedang. Sedangkan perhitungan N-Gain kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah yaitu sebesar 0,18 dengan kategori rendah. Berdasarkan uji t menggunakan Paired Sample t-test diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran pop-up book efektif dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas I MI At-Taqwa Samarinda.